Benahi Situ, Pemkot Depok Minta Bantuan Pemerintah Pusat

Situ Cilodong, bakal dikembangkan jadi objek wisata air.

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajukan bantuan anggaran ke pemerintah pusat untuk merevitalisasi empat situ di kota belimbing itu. Empat situ itu, antara lain Situ Cilodong, Situ Citayam, Situ Pladen dan Situ Rawa Besar.

“Satu situ anggarannya Rp7 miliar. Sebenarnya lebih tepatnya melakukan pemeliharaan, bukan revitalisasi. Anggaran besar karena untuk melakukan pengerukan saja kami butuh dana Rp1,5 miliar,” ujar kata Walikota Depok, Mohammad Idris.

Selain empat situ tadi, Mohammad Idris juga mengaku Situ Cilangkap menjadi perhatian Pemkot Depok. Rencananya Pemkot Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan meminta pengajuan dana CSR kepada salah satu BUMN, untuk melakukan pemeliharaan pada Situ Cilangkap.

“Situ Cilangkap akan kami rekomendasikan untuk dilakukan pemeliharaan. Melalui dana CSR tersebut,” jelasnya.

Terkait adanya laporan penyalahgunaan lahan di sekitar situ, Mohammad Idris menegaskan, Pemkot Depok tidak bisa memberikan tindakan represif ataupun hukuman. Karena situ itu sudah menjadi otoritas pemerintah pusat.

“Untuk mewujudkan kawasan wisata air, tentunya memerlukan perhatian semua pihak, tak terkecuali warga sekitar agar tetap menjaga kebersihan serta merawat kondisi lingkungan yang ada,” tandasnya. (red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments