Pemkot Tangerang Terima LHE AKIP dari Kemenpan RB

Wakil Walikota Tangerang (kiri) menerima LHE AKIP dari Kemen PAN RB. (ist)

Palapanews.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) 2016. LHE AKIP 2016 itu diserahkan kepada perwakilan pemerintah kota/kabupaten di Sumatera, Banten, dan Jabar (Regional I) di Hotel Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (25/1/2017).

Dalam sambutannya, Menpan-RB menyampaikan agar para bupati, wali kota, dan sekretaris daerah untuk lebih serius lagi dalam memberikan perhatian bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi pada hasil.

Dikatakannya, tingkat akuntabilitas kabupaten/kota itu akan semakin baik, dengan senantiasa memerhatikan empat faktor. Antara lain, tujuan/sasaran yang ditetapkan berorientasi pada hasil, serta ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur. Selain itu, program/kegiatan yang diitetapkan berkaitan dengan sasaran dan rinician kegiatan sesuai dengan maksud kegiatan.

Dari hasil evaluasi, Kemenpan-RB telah memberikan predikat kepada 172 pemerintah kota/kabupaten di Sumatra, Banten, dan Jabar. Diantaranya Kota Tangerang.

“Kepada pemerintah kota/kabupaten diharapkan agar senantiasa mengoptimalkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),” ujar Menpan RB.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, menyampaikan, telah diterimanya hasil LHE AKIP ini, tentunya menjadi perhatian bagi kami untuk senantiasa meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Laporan ini, tentunya sebagai panduan serta input untuk berbuat lebih baik lagi bagi masyarakat. Dengan terus meningkatkan kinerja Pemkot Tangerang.

Diantaranya melalui penandatanganan kontrak kinerja dengan pegawai di lingkup. Pemkot Tangerang, sebagai bentuk tanggung jawab pegawai dalam melaksanakan setiap tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) serta untuk mengoptimalkan kinerja para pegawai di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Dengan begitu, pelayanan pada masyarakat bisa lebih baik lagi.

“Meski penilaian LHE AKIP dari Kemenpan-RB menunjukan adanya peningkatan, namun kami akan terus berupaya yang terbaik. Dengan senantiasa berorientasi pada hasil serta capaian yang sesuai dengan rencana pembangunan yang telah dibuat, seperti pesan yang disampaikan oleh pak menteri,” terangnya. (rls/ydh)

Komentar Anda

comments