Cagub Ini Janji Bebaskan Banten dari Masalah Sampah

Wahidin Halim bersama warga Cikande, Serang. (uad)
Wahidin Halim bersama warga Cikande, Serang. (uad)

Palapanews.com- Masalah sampah masih menjadi persoalan yang rumit bagi setiap daerah. Tak terkecuali Provinsi Banten yang dianggap belum maksimal dalam menangani sampah.

Hal ini membuat Calon Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim (WH) merasa tergugah hatinya. Ia pun berkomitmen akan membebaskan Banten dari masalah sampah agar masyarakat merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Persoalan sampah bicara masa depan. Saat ini setiap perumahan atau daerah pasti berhadapan dengan masalah sampah,” kata WH saat meninjau tempat pembuangan sampah sementara di Perumahan Cikande Permai, Kabupaten Serang, Minggu (13/11/2016).

Maka itu, menurut WH, sampah harus di-manage dengan baik, karena kalau tidak akan berkembang menjadi penyakit.

“Saya punya pengalaman menangani masalah sampah di Kota Tangerang bahkan mendapatkan adipura kencana. Saya tahu persis bagaimana menangani sampah mulai dari sumber sampah, tempat pembuangan sementara sampai tempat pembuangan akhir,” tegas WH.

Diungkapkan WH, siklus/sistem penanganan sampah juga harus dilakukan secara serius, kalau tidak akan berdampak pada lingkungan yang negatif. WH yang berpasangan dengan Andika Hazrumy pun mempunyai visi misi dan program tata penanganan sampah.

“Kita harus cari solusi, TPA-nya dimana, jumlah kendaraan yang disiapkan angkut sampah setiap hari dan lainnya. Itu kan bisa dihitung tonase sampah per hari dan sumbernya apakah berasal dari rumah tangga, pasar dan lain-lain,” tuturnya.

Selain itu, mantan Walikota Tangerang 2 periode ini mengatakan, pemilahan sampah juga harus dipisahkan mulai dari rumah. Nantinya ada sampai yang bisa di daur ulang atau tidak yang menjadi  perhatian masyarakat.

“Saya rasa Serang juga sebagai ibukota Banten harus sudah mulai menata. Program saya akan mengkonsep bagaimana sistem kelola agar sampah tidak timbulkan penyakit dan gangguan lingkungan,” jelasnya.

WH menambahkan, persoalan sampah menjadi tugas besar bukan hanya infrastruktur saja. Apalagi warga di lokasi tersebut sudah sulit mendapatkan air bersih.

“Masyarakat sangat membutuhkan air,tinggal bagaimana kita siapkan dengan baik. Anggaran juga harus disiapkan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Perumahan Cikande Permai, Joko Santoso menuturkan, pihaknya memang terkendala dengan tempat pembuangan sampah di perumahan.  Ketika sampah sudah numpuk dan menimbulkan bau dikeluhkan warga dan diusir.

“Jadi sering berpindah – pindah tempat pembuangan sampahnya. Selama ini memang sudah ditangani tapi belum maksimal karena kendaraannya kurang,” ucap Joko.

Ditambah lagi persoalan air bersih, sejak pemukiman ini berdiri 22 tahun yang lalu belum ada saluran air PDAM. Warga kesulitan ketika terjadi kemarau.

“Kami ucapkan terima Kasih kepada Pak WH, tadi datang ke rumah warga merasakan sendiri yang terjadi. Saya yakin pak WH membawa perubahan bagi Banten, ” pungkasnya. (uad)

Komentar Anda

comments