Sakit Tenggorokan Bisa Menular

oleh -
Sakit tenggorokan. (net)
Sakit tenggorokan. (net)
Sakit tenggorokan. (net)

Palapanews.com- Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja. Sakit tenggorakan membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan. Seperti ada pasir yang menyebar di dalamnya dan membuat mulut kamu kering, bau tidak sedap, dan jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan radang pada tenggorokan.

Saat kamu mengalami hal seperti ini, itu artinya kamu tidak boleh sembarang membuka mulut. Karena meski tergolong penyakit ringan, penyakit yang ada di tenggorokan kamu itu bisa menular.

Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, dr. Syahrial M.Hutauruk, SpTHT-KL(K), menyebutkan bahwa penyebab sakit tenggorok itu bisa disebabkan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur. Tak jarang penyakit ini disertai dengan demam. Bisa juga disebabkan oleh alergi dan iritasi.

Sakit tenggorokan yang disebabkan iritasi bisa berasal dari makanan, asap, suhu, bahkan asam lambung. “Serangan radang tenggorokan akut ditandai dengan gejala nyeri pada tenggorokan, nyeri saat menelan, demam, sakit kepala, badan lemas, kadang disertai batuk dan pilek,” ucap dr. Syahrial dalam pemaparan yang diutarakan dalam Betadine Media Workshop ‘Sore Throat Will Not Slow Me Down’, di Bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (1/11/2016) lalu

Bila tidak ditangani dengan baik infeksi akut pada tenggorokan dapat menimbulkan komplikasi karena dapat meluas ke daerah leher dalam dan menimbulkan abses. Di mana akan terbentuk nanah di dalam leher yang sangat berbahaya. “Sedangkan pada yang kronik dan sering menimbulkan serangan radang biasanya berhubungan dengan infeksi kronis pada tonsil (amandel) sehingga harus dilakukan operasi pengangkatan amandel yaitu tonsilektomi,” lanjut pemaparan dr. Syahrial.

Padahal untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana: rajin berkumur anti-septik setiap habis makan. Berdasarkan hasil penelitian, cairan kumur anti-septik yang mengandung Povidone – Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut sebanyak 99.4 persen dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat.

“Kami menganjurkan pada masyarakat untuk segera memakai cairan kumur yang mengandung Povidone – Iodine ketika gejala sakit tenggorokan mulai dirasa dengan cara berkumur dan gargle dengan benar sampai dengan tenggorokan,” ujar Educator and Trainer Mundipharma, Merry Sulastri.

Mundipharma sendiri adalah jaringan global dari perusahaan farmasi yang salah satu produknya adalah Betadine Obat Kumur. Selain dengan berkumur dan gargle, sakit tenggorok juga dapat dihindari dengan giat menjaga kebersihan seperti rutin mencuci tangan menggunakan sabun.

“Bisa juga dengan menghindari menghabiskan waktu lama dengan orang yang sedang menderita sakit tenggorok maupun influenza dan juga menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang,” kata dr. Syahrial. (vml/one)

Sumber: vemale.com

Komentar Anda

comments