Konsumsi Telur Mentah, Sehat kah?

Sehat kah telur mentah dikonsumsi? (net)
Sehat kah telur mentah dikonsumsi? (net)

Palapanews.com – Sebagian besar orang di Indonesia familiar dengan mengonsumsi telur mentah. Meski berlendir dan aromanya yang amis, namun beberapa pengobatan di Indonesia seperti jamu menggunakan telur mentah sebagai bahan pelengkapnya.

Telur mentah dipercaya akan membuat jamu jadi lebih bernutrisi. Tapi, sehat atau tidak kah mengonsumsi telur mentah itu?

Dikutip dari boldsky.com, sekitar 50% dari protein telur mentah bisa dicerna oleh tubuh dengan baik, tidak seperti protein yang ada di dalam telur yang sudah dimasak. Selain itu protein telur yang disebut dengan avidin bisa hancur melalui proses pemasakkan.

Di sisi lain, putih telur mentah bisa memblokir penyerapan biotin atau vitamin B7 yang penting untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

“Terlepas dari fakta di atas, hal paling penting yang harus kamu perhatikan saat mengonsumsi telur mentah adalah kandungan bakteri yang ada di dalamnya. Sebab kamu bisa terkontaminasi bakteri Salmonella yang hidup dalam telur mentah. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, serta membahayakan kehamilan.” (one)

Sumber: merdeka.com

Komentar Anda

comments