Cegah Stroke dengan Know Your Five

Seminar soal penyakit stroke di Eka Hospital. (kie)
Seminar soal penyakit stroke di Eka Hospital. (kie)

Palapanews.com- Memperingati Hari Stroke se-Dunia yang jatuh setiap 29 Oktober, RS Eka Hospital menggelar World Stroke Day Gathering. Kegiatan itu diisi dengan talkshow seputar penyakit stroke.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan bagi para penderita stroke. Namun gerakan yang sudah ada sejak 2006 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan risiko terserang penyakit stroke.

Pada talkshow ini menghadirkan narsaumber dr Herianto SpS (Spesialis Syaraf), dr Guntara Hari SpKJ (Spesialis Kedokteran Jiwa), serta dr Elia Indrianingsih, SpGK (spesialis Gizi Klinik).

Direktur Utama RS Eka Hospital, dr Johny Nurdin mengatakan stroke menjadi salah satu penyebab kematian. Biasanya, penderita stroke didahului penyakit jantung dan diabetes.

“Tujuan talkshow ini untuk meningkatkan hidup pasien penderita stroke,” katanya, Sabtu (29/10/2016) lalu.

Menurutnya stroke harus diwaspadai dan diantisipasi sejak dini. Penyebab utama pasien terkena stroke adalah gaya hidup yang tidak sehat. “Sebisa mungkin menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan menjauhi stres,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Johny, risiko stroke dapat dicegah dengan mengetahui dan memonitor angka-angka penting atau biasa disebut Know Your Five (KY5). Yakni, tekanan darah, kolesterol total, gula darah sewaktu, indeks massa tubuh dan lingkar perut.

“Kelima faktor ini bisa menghindari dari stroke,” tandasnya. (kie)

Komentar Anda

comments