Kegemukan, Rawan Terserang Asam Urat

oleh -
Penyakit asam urat. (net)

Palapanews.com- Asam urat merupakan salah satu jenis arthritis atau nyeri sendi yang menyebabkan peradangan dalam tubuh disertai dengan nyeri dan pembengkakan. Tak jarang saat asam urat muncul, fleksibilitas dalam tubuh juga berkurang karena tingginya zat asam di sendi mempengaruhi jaringan lunak seperti otot dan tendon.

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya zat asam di urat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin sendiri merupakan zat yang banyak ditemukan dalam makanan berlemak, makanan laut, dan beberapa produk olahan susu.

Saat di tubuhmu menumpuk purin, maka akan terjadi kristalisasi yang kemudian masuk ke aliran darah dan menyebabkan arteri terblokir. Sehingga selain nyeri, asam urat juga bisa berujung pada munculnya sakit jantung.

Selain karena purin seperti penjelasan di atas, kegemukan juga bisa membuat seseorang rentan untuk terkena asam urat. Penyebabnya apalagi jika bukan menumpuknya lemak di dalam tubuh.

“Menumpuknya lemak jahat dalam tubuh tak hanya membahayakan kesehatan darah, namun juga menjadi penyebab asam urat. Oleh karena itu bagi kamu yang menderita kegemukan, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin. Sebagai gantinya, konsumsi sayur, buah, dan makanan tinggi serat lainnya untuk menetralkan kandungan asam dalam tubuh serta menurunkan berat badan secara perlahan.”

Sumber: merdeka.com

Komentar Anda

comments