Jangan Terlalu Banyak Minum Air, Ini Efeknya

oleh -
Minum terlalu banyak air memberi efek buruk. (net)
Minum terlalu banyak air memberi efek buruk. (net)
Minum terlalu banyak air memberi efek buruk. (net)

Palapanews.com- Air minum tetaplah dianggap sangat menyehatkan untuk tubuh karena bisa membersihkan beragam bakteri dan virus penyebab penyakit. Apalagi sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, maka minum banyak air sangat dianjurkan untuk kesehatan sel dan kebaikan semua sistem tubuh manusia.

Tapi ternyata, minum banyak air tak selamanya baik untuk kesehatan lho. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Monash University, Australia, ditemukan bahwa minum banyak air akan membuat tubuh keracunan air atau hiponatremia.

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana kelebihan cairan membuat kandungan natrium dalam darah akan menjadi sangat rendah yang kemudian berpotensi menyebabkan lesu, mual, kejang, dan bahkan koma.

“Dalam taraf yang lebih membahayakan, hiponatremia membuat seseorang mengalami gangguan fungsi otak yang berakibat pada kejang hingga koma,” ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini.

Lantas, bagaimana cara mengobati penyakit ini?

“Karena pada tingkat tertentu hiponatremia bisa menyebabkan gangguan penyakit yang membahayakan, kamu ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkannya seperti mengurangi konsumsi cairan dan garam, memperbanyak konsumsi makanan yang bersifat diuretik alami karena akan meningkatkan produksi urin, serta yang terakhir adalah berkonsultasi dengan dokter untuk menyembuhkannya.” (one)

Sumber: merdeka.com

Komentar Anda

comments