Airin Pastikan Waktu Pembongkaran Gedung Tua Bintaro

Polisi berjaga di sekitar gedung tua Bintaro yang roboh, belum lama ini. (nad)
Polisi berjaga di sekitar gedung tua Bintaro yang roboh, belum lama ini. (nad)

Tangsel, Palapanews.com – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) berencana melakukan pembongkaran gedung tua milik Bank Panin di kawasan Bintaro Sektor 7, Kecamatan Pondok Aren.

“Minggu ini, surat-surat dokumen selesai, kalau tidak ada persoalan minggu depan akan kita bongkar,” kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany ditemui di Balaikota Tangsel, Ciputat, Senin (5/9/2016) lalu.

Pihaknya sudah selesai melakukan proses surat menyurat, sehingga minggu depan kalau tidak ada halangan akan dilakukan pembongkaran dengan sosialiasi kepada warga yang akan digencarkan terlebih dahulu.

“Karena warga sekitar yang terdampak langsung proses pembongkaran, terutama ganguan bising, debu, getaran, dan lalu lintas,” kata Airin.

Project Manager PT Wahana, Kontraktor pelaksana pembongkaran gedung bank panin, Adi Yudanto menjelaskan, gedung itu dibangun dengan konstruksi khusus, yang memungkinkan gedung runtuh secara progresif (sesuai gravitasi).

“Yang berada di sekitarnya tidak perlu khawatir gedung akan runtuh ke berbagai arah. Namun getaran yang besar, kebisingan hingga debu tidak bisa dihindari, kami berupaya meminimalkan semua ganguan itu. Inilah yang harus disosialisasikan kepada warga yang berada di sekitar gedung. Apalagi perobohan berlangsung beberapa hari,” katanya.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Konstruksi Indonesia Zali Yahya menyatakan, belum adanya penyedia jasa konstruksi yang memiliki sertifikat pembongkaran disebabkan kota-kota di Indonesia belum termasuk kota tua sehingga pembongkaran gedung tinggi belum banyak dilakukan. (nad)

Komentar Anda

comments