Pemkot Tangsel Jalin Kerjasama untuk Majukan UMKM

Walikota Tangsel, Airin menandatangi berkas kerjasama pengembangan UMKM. (nad)
Walikota Tangsel, Airin menandatangi berkas kerjasama pengembangan UMKM. (nad)

Tangsel, Palapanews.com – Untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di Hotel Great Western, Cikokol, Tangerang, Rabu (31/8/2016).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syanudin mengatakan kerjasama yang dijalin, antara lain dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (PUSPIPTEK) serta Indonesia Business Simulation (INAPEN).

“Fokus kerja sama ini pada aspek pembentukan kelompok kerja, pendampingan sumber daya koperasi dan wirausaha pemula, dan pelaku UMKM dalam meningkatkan akses permodalan, produksi, promosi dan pemasaran berbasis tekonologi dan inovasi di kota Tangsel,” ungkapnya.

Selain itu, kerjasama ini juga untuk pengelolaan dan pembentukan inkubator bisnis teknologi dalam mendukung penumbuhan dan pemberdayaan. Hal ini juga dapat meningkatkan kompetensi melalui kegiatan workshop dan bimtek yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan fasilitasi secara bersama sama.

Nantinya masing-masing pihak akan mempersiapkan dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh UMKM dan Koperasi. Misalnya UIN akan mempersiapkan para pemula atau mahasiwa maupun pemuda untuk menjadi kreatif dengan teknologi dan inovasinya.

Sedangkan INAPEN akan memberikan pengetahuan tentang cara pembukuan, neraca keuangan dan laporannya melalui sistem, sehingga tidak lagi manual. Pusipiptek nantinya akan memberikan peningkatan program UKM agar lebih bagus lagi dalam pemasaran produknya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa Pemkot Tangsel memegang komitmen untuk memajukan sektor UMKM dan Koperasi. Oleh karena itu, pemkot senantiasa berupaya melakukan inovasi untuk memajukan sektor ini agar nantinya dapat terus berkembang.

Kedepan pihaknya akan sangat memaksimalkan peran teknologi dan inovasi termasuk dalam konteks pengembangan koperasi dan UMKM.

“Kita akan membangun gedung innovation center, yang salah satu fungsi utamanya adalah pengembangan, koperasi, UMKM, dan lainnya. Kita juga akan menjalin kerja sama dengan banyak pihak, termasuk dari luar negeri, yang secara khusus bertujuan untuk mensinergikan antara teknologi, inovasi dan UMKM Koperasi,” beber Walikota Airin. (nad)

Komentar Anda

comments