Rajin Sikat Gigi Cegah Kanker Usus

oleh -
Rajin gosok gigi cegah kanker usus. (net)
Rajin gosok gigi cegah kanker usus. (net)
Rajin gosok gigi cegah kanker usus. (net)

Jakarta, PalapaNews.com – Kita semua tentu sudah tahu bahwa sikat gigi adalah salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan setiap harinya. Selain bisa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, sikat gigi juga dilakukan untuk menjaga kesegaran mulut.

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut, para ahli mengungkapkan bahwa sikat gigi juga mendorong seseorang memiliki tubuh yang sehat serta mengesankan. Lebih menarik lagi, para ahli mengungkapkan bahwa sikat gigi juga bisa membuat seseorang terhindar dari risiko kanker usus.

Dikutip dari laman asiantown.net, sikat gigi akan membantu kita menghilangkan bakteri, virus maupun segala macam mikroba di mulut. Ketika mikroba ini dihilangkan dengan baik, hal ini juga akan membantu kita terhindar dari risiko kanker usus.

Peneliti sering kali menemukan mikroba bernama Bug Fusobacterium di setiap sel kanker yang ada di usus. Sementara itu, peneliti mengungkapkan bahwa mikroba ini sebelumnya banyak terdapat di gigi dan mulut.

Dengan menggosok gigi secara teratur dan rutin minimal 2 kali dalam sehari, hal ini setidaknya akan membantu kita menghilangkan mikroba Bug Fusobacterium. Saat mikroba ini telah hilang, kemungkinan ia masuk ke usus dan memicu kanker pun akan sangat rendah.

Wendy Garret, seorang profesor di Universitas Harvard TH Scan of Public Health mengatakan bahwa seseorang yang rajin sikat gigi dan melakukannya dengan benar akan membantunya terhindar dari risiko kanker, tumor maupun penyakit mematikan lainnya.

Prof  Wendy juga mengungkapkan bahwa sikat gigi teratur tak hanya bantu mencegah risiko kanker. Lebih jauh, sikat gigi dengan teratur dan benar ini akan menurunkan risiko penyakit jantung, gagal ginjal juga risiko alzheimer.

Para peneliti di Swedia Karolinska Institute mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut bisa berpengaruh terhadap kesehatan beberapa bagian penting di tubuh. Sehingga, saat seseorang memiliki gigi dan gusi yang tak sehat, kemungkinan beberapa bagian tubuh lain tak sehat pun akan semakin tinggi. (*)

Sumber: vemale.com

Komentar Anda

comments