PT KAI Diminta Buka Jalur KA ke Kabupaten Tangerang

Walikota Tangerang saat meninjau kawasan Stasiun Tangerang. (ist)
Walikota Tangerang saat meninjau kawasan Stasiun Tangerang. (ist)

Tangerang, PalapaNews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diminta memperpanjang jalur kereta api dari Kota Tangerang sampai ke wilayah Kabupaten Tangerang.

“Rencana jangka panjang mengurai kemacetan di Kota Tangerang, PT KAI dan BPTJ bisa memperpanjang jalur kereta ke Kabupaten Tangerang,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Kata dia, penambahan jalur menjadi dua, yakni ke Palem Semi dan ke arah Cadas. Sehingga nanti bisa menyambungkan jalur kereta Rawa Buntu di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Karena kebanyakan penumpangnya berasal dari Kabupaten, Jatiuwung dan Cibodas. Makanya kami sangat mengharapkan agar BPTJ bisa memperpanjang pelayanannya ke perbatasan Kabupaten,” sambungnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak PT KAI terkait opsi lain terhadap penanganan kemacetan di sekitar Stasiun Tangerang.

“Kita ingin sediakan feeder yang nanti menjemput mereka para penumpang dari perbatasan. Jadi mereka tidak perlu bawa kendaraan ke stasiun, sehingga bisa sedikit mengurangi kemacetan,” Jelasnya.

“Jadi kita minta PT KAI untuk menyebar angket untuk mengetahui tempat tinggal para penumpang tersebut, sehingga kita bisa punya pegangan data yang akurat untuk menerapkan kebijakan tersebut,” lanjut Wali Kota.

Sementara itu, untuk menambah kenyamanan para penumpang kereta api, Pemkot juga sedang mengkaji pembangunan gedung parkir di sekitar Stasiun Tangerang.

“Di sebelah stasiun kan ada gedung bekas bioskop yang menjadi aset Kabupaten nanti kita usulkan untuk dijadikan gedung parkir dan bawahnya bisa dibuat pasar,” tandas WaliKota. (rls)

Komentar Anda

comments