Ini 5 Penyebab Mata Hitam & Berkantung

oleh -
Ilustrasi mata hitam dan berkantung. (net)
Ilustrasi mata hitam dan berkantung. (net)
Ilustrasi mata hitam dan berkantung. (net)

Jakarta, PalapaNews.com – Mata merupakan bagian tubuh yang sensitif. Apalagi, kulit di sekitarnya lebih tipis dibanding bagian tubuh lain. Terkadang seseorang bisa mengalami mata panda, yakni bagian kulit matanya menghitam dengan berbagai sebab.

Tentu, mata panda ini bukan hal yang menyenangkan bagi wanita dan pria, karena memberi kesan lelah dan kusam. Ada beberapa cara mengatasi kondisi tersebut, namun terlebih dahulu kenali penyebab mengapa mata panda bisa terjadi.

Dilansir laman Daily Make Over, ini beberapa sebab mata menjadi sembab dan menghitam serta berkantung, untuk informasi bagi Anda:

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan menyebabkan kulit di area mata terlihat lebih gelap. Anda bisa segera memenuhi kebutuhan cairan dengan minum, dan memakai krim mata yang mengandung hyalorunic acid.

Pembuluh darah pecah

Penyebab lain adalah pecahnya pembuluh darah akibat benturan atau gesekan keras di kulit mata. Ini bisa terjadi jika Anda menggosok bagian mata, atau terjadi kecelakaan. Pengobatannya bisa dengan mengompres bagian mata dengan es.

Kurang tidur

Seseorang yang kurang tidur pun bisa mengalami mata panda sebab pembuluh darah di bagian bawah kulit mata mengembang atau bengkak.

Alergi
Alergi yang memicu peradangan membuat bagian pembuluh darah bawah kulit mata membengkak. Akibatnya kulit mata menjadi tampak lebih gelap sebab darah banyak mengalir di sana. Anda bisa oleskan salep cortisone untuk mengurangi kondisi itu.

Hiperpigmentasi

Banyaknya pigmen warna di bagian kulit mata juga menimbulkan kesan mata panda. Anda dapat memakai krim dengan kandungan retinol serta vitamin C untuk mengatasi kondisi tersebut.

Kondisi mata yang sehat tentu akan membuat penampilan Anda terlihat lebih menawan, jadi selamat merawat mata jadi lebih sehat ya. (ndo)

Komentar Anda

comments