Pemerintah Minta Maaf Soal Tragedi Brexit

Mendagri, Tjahjo Kumolo. (bbs)
Mendagri, Tjahjo Kumolo. (bbs)

Jakarta, PalapaNews.com – Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta maaf atas insiden meninggalnya belasan orang selama mudik 2016, akibat kecelakaan maupun macet horor di exit Tol Brebes Timur (Brexit).

Selain kecelakaan, banyak pemudik yang harus meregang nyawa lantaran kecapekan dan terlalu banyak menghirup apnoe causa CO2 toksic dari pendingin udara kendaraan.

“Terjadinya musibah sebagian warga masyarakat pada saat kemacetan di pantura daerah Kabupaten Brebes, saya Mendagri atas nama pemerintah menyampaikan permohonan maaf,” kata Tjahjo, seperti dilansir situs kemendagri.go.id Sabtu (9/7/2016).

Meski begitu, menurut Tjahjo selama ini pemerintah telah berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan ke masyarakat saat mudik. Mulai dari mempercepat proses pembayaran jalan tol hingga perbaikan jalan.

“Adanya musibah, kekurangnyamanan dalam perjalanan menjadi evaluasi kami, pemerintah khususnya Kemendagri,” imbuhnya.

Tjahjo mengaku, Kemendagri sebelumnnya juga telah mengirimkan radiogram ke sejumlah kepala daerah wilayah pantura yang menjadi perlintasan arus mudik dan balik lebaran. Isinya adalah meminta agar mereka memperhatikan selama 24 jam apa yang terjadi di jalur mudik tersebut. Bahkan dengan terang-terangan Tjahjo meminta agar Satpol PP, aparat kecamatan, aparat desa, puskesmas dan dinas terkait disiagakan di sepanjang jalan pantura.

Beberapa kepala daerah yang mendapat radiogram itu di antaranya adalah Bupati Pemalang, Bupati Tegal, Wali Kota Tegal, Bupati Brebes dan Bupati Cirebon. (nai)

Sumber: jpnn.com

Komentar Anda

comments