Awas, Tahu di Pasar 8 Alam Sutera Pakai Formalin

Kepala Labkesda, Latifah (tengah) menunjukkan hasil uji lab tahu goreng yang mengandung formalin. (man)
Kepala Labkesda, Latifah (tengah) menunjukkan hasil uji lab tahu goreng yang mengandung formalin. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Hati-hati memilih makanan di pasar, meski Anda belanja di pasar modern sekalipun. Pasalnya, makanan yang dijual belum tentu higienis dan bebas dari zat berbahaya.

Seperti di Pasar 8 Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Petugas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) setempat mendapati tahu goreng di pasar modern tersebut mengandung bahan pengawet jenis formalin.

“Dari 16 sampel yang kami uji, hanya tahu goreng saja yang mengandung bahan pengawet berbahaya, formalin,” katata Kepala Labkesda Kota Tangsel, Latifah Hanum, Selasa (14/6/2016).

Bahan pangan lain yang diuji lab, menurutnya antara lain Pacar Cina, tempe, tahu, kolang kaling, usus ayam, sawi dan udang. Seluruh makanan itu diakuinya terbebas dari Metanil Yellow, Rhodamin B dan Boraks.

“Demi kenyamanan konsumen, kami melakukan sidak ke pasar modern delapan Alam Sutera untuk mengetahui apakah ada bahan yang berbahaya pada bahan pangan yang dijual oleh pedagang,” tandasnya.

Diketahui, sidak tersebut melibatkan petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan serta Satpol PP Kota Tangsel. (man)

Komentar Anda

comments