Ngantuk setelah Makan Siang, Ini Penyebabnya

oleh -
Ngantuk setelah makan siang. (bbs)
Ngantuk setelah makan siang. (bbs)
Ngantuk setelah makan siang. (bbs)

Jakarta, PalapaNews.com – Kita pasti sering mengalami rasa kantuk ketika kembali memulai bekerja setelah makan siang.

Rasa kantuk tidak hanya terasa seperti ingin tidur, namun juga lelah dan tenaga terasa terkuras. Mengapa?

Sedikit mengantuk setelah makan siang adalah normal. Banyak orang yang salah paham mengenai hal ini dan menyalahkan jenis makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

Ada pula yang berpikir bahwa rasa kantuk menyerang karena peredaran darah terfokus pada perut untuk membantu pencernaan.

Walaupun hal tersebut terlihat mungkin, namun alasannya bukanlah seperti itu. Jika memang benar begitu, mengapa kita tidak mengantuk setelah sarapan pagi?

Jadi, makanan tidak ada hubungannya dengan rasa kantuk, maupun sebaliknya.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa di dalam makanan bisa jadi terdapat zat yang menyebabkan produksi melatonin meningkat.

Walaupun melatonin memiliki peran yang penting untuk tidur, kalau kandungannya hanya sedikit saja dalam makanan itu, ia tidak akan memberi efek yang signifikan.

Ada dua proses yang dapat menjelaskan fenomena mengantuk sehabis makan siang ini, yaituhomeostatic sleep drive dan circadian rhytim.

Homeostatic sleep drive membentuk reaksi kimia dalam otak yang menghasilkan adenosin.

Adenosin meningkatkan hasrat yang tinggi untuk tidur. Semakin lama kita terjaga, semakin tinggi akumulasi adenosin terjadi.

Biasanya puncaknya adalah sebelum waktu tidur di malam hari, namun adenosin juga melonjak tinggi di siang hari.

Sedangkan proses yang kedua adalah circadian rhythm yaitu ritme normal yang memang terjadi dalam tubuh dengan memberikan sinyal untuk tidur.

Hal ini bisa terjadi secara terpola di jam-jam tertentu. Biasanya 7-9 jam setelah bangun tidur, kantuk datang dengan sendirinya.

Sehingga mengantuk setelah makan siang adalah normal karena di jam makan siang biasanya kita sudah terjaga setidaknya tujuh jam.

Ada pula saat-saat di mana kita memang pasti sangat mengantuk di siang hari, yaitu jika kita mengalami kurang tidur di malam sebelumnya.

Nah untuk mengatasi kantuk yang menyerang di siang menjelang sore, kita dapat menyegarkan diri dengan lebih banyak bergerak.

Jika memungkinkan, izinkan kantuk itu dipenuhi dengan tidur siang singkat paling lama 20 menit. (net)

Sumber: tribunnews.com

Komentar Anda

comments