Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan

oleh -
Manfaat cabai rawit untuk kesehatan. (bbs)
Manfaat cabai rawit untuk kesehatan. (bbs)
Manfaat cabai rawit untuk kesehatan. (bbs)

Jakarta, PalapaNews.com – Pedas merupakan rasa kegemaran masayarakat Indonesia, terutama warga di provinsi Sumatera yang terkenal dengan masakan rendangnya yang sangat pedas. Rasa pedas semua sudah tahu berasal dari tanaman cabai yang sering kita jumpai di pasar, dan juga beberapa perkarangan rumah.

Salah satu cabai yang paling memiliki rasa pedas yaitu, cabai rawit. cabai rawit memiliki sifat seperti anti inflamasi, anti alergi, anti jamur dan anti iritasi.

Cabai rawit juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C, dan betakaroten. Mineral yang ada pada cabai rawit yakni, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan manusia.

Cabai rawit jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal, maka akan memberikan dampak baik bagi kesehatan manusia. Seperti dituliskan laman Herbwisdom, berikut ini ada beberapa manfaat cabai rawit yang baik untuk kesehatan. Di antaranya:

Pertama, cabai rawit bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu berbahagialah bagi Anda yang tahan dengan rasa pedas cabe rawit. Karena mempercepat metabolisme tubuh, maka cabe rawit termasuk makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Kedua, mengontrol pendarahan. Cabai rawit memiliki sifat anti pendarahan. Dengan mengonsumsi 1-2 sdt bubuk cabai rawit saja, Anda dapat menghentikan pendarahan hanya dalam hitungan menit.

Ketiga, cabai rawit juga berguna bagi jantung Anda. Karena dapat mencegah serangan jantung yang mematikan dalam hitungan detik. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung

Keempat, pengontrol rasa sakit. Mengonsumsi cabai akan membuatmu mampu bertahan lebih lama terhadap rasa sakit. Ini karena sirkulasi darah yang lancar dan membantu nutrisi dalam menyembuhkan luka, sekaligus bertindak sebagai anti-radang.

Kelima, mengonsumsi cabai rawit juga akan membuatmu merasa lebih cepat kenyang. Sifat thermogenic-nya akan menaikkan suhu tubuh sedikit dan membakar kalori dalam tubuh ketika Anda sedang tertidur.

Keenam, cabai juga diduga memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, serta membunuh sel jahat

Ketujuh, cabai rawit dapat membantu melancarkan peredaran darah, dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Oleh karena itu, cabai rawit merupakan obat alami yang dapat membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi. (net)

Sumber: aktual.com

Komentar Anda

comments