Kota Tangerang Minta Dana dari Pemprov Banten Rp228 Miliar

oleh -
banner 300250
Walikota Tangerang saat mengunjungi lokasi banjir di Candulan. (ist)
Walikota Tangerang saat mengunjungi lokasi banjir di Candulan. (ist)

Tangerang, PalapaNews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengusulkan 12 proyek pembangunan kepada Pemprov Banten untuk tahun anggaran 2017 mendatang. Dari 12 proyek yang diusulkan nilainya mencapai Rp228,9 miliar.

Beberapa proyek yang nilainya diatas Rp10 miliar antara lain pengadaan alat kesehatan rumah sakit yang nilainya mencapai sekitar Rp31,5 miliar, pembangunan saluran drainase dan gorong-gorong mencapai Rp65 miliar.

Ada juga pembangunan asrama haji mencapai Rp50 miliar, pembangunan sarpras rumah sederhana sehat mencapai Rp10 miliar, Pembangunan penerangan jalan umum kota dan lingkungan mencapai Rp50 miliar dan Pembangunan balai latihan kerja kecamatan mencapai Rp10 miliar.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan, pemerintah provinsi harusnya mensinergikan seluruh pembangunan di kota dan kabupaten di Banten. Sehingga bantuan gubernur nilainya bisa merata.

“Setiap permasalahan kota dan kabupaten tentunya berbeda. Masalah pembangunan di kota bukan lagi jalan rusak, dan kurangnya sarana transportasi. Tetapi kemacetan dan bagaimana menyediakan sarana angkutan umum massal,” papar Said.

Tahun ini, Kota Tangerang mendapatkan bantuan gubernur sekitar Rp21 miliar. Diharapkan pada tahun mendatang bisa berkali-kali lipat dari tahun sebelumnya. Diakui Said bantuan gubernur dari Pemprov Banten masih jauh dari harapan dan dinilai terlalu kecil.

“Analoginya gini, kalau di daerah lain masih butuh bangunan puskesmas, mungkin di Kota Tangerang tidak, tetapi lebih ke peningkatan pelayanannya. Seperti Puskesmas rawat inap. Padahal kita penyumbang PAD terbesar di Banten, tetapi kenapa dapetnya malah kecil. Harus ada parameter yang jelas mengenai pembagian tersebut,” jelas Said. (eni)

Komentar Anda

comments