Pemkot Banda Aceh Belajar Aplikasi Online di Tangsel

Kunker Pemkot Banda Aceh ke Tangsel. (one)
Kunker Pemkot Banda Aceh ke Tangsel. (one)

Tangsel, PalapaNews.com – Rombongan Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (6/4/2016). Rombongan dipimpin langsung Walikota Illiza Sa’adudin Djamal.

Kedatangan mereka disambut langsung Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Dalam pertemuan itu, terungkap bahwa Pemkot Banda Aceh berencana mempelajari beragam aplikasi online yang sudah diterapkan Pemkot Tangsel untuk melayani masyarakat.

Airin mengatakan, Pemkot Tangsel memang sudah menerapkan sistem informasi teknologi pada beberapa programnya. Hal ini dilakukan untuk menunjang kinerja pemerintah dan memangkas waktu kerja.

“Salah satunya yang kami gunakan adalah Elektronik Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan). Kami sudah gunakan sejak tahun kemarin. Jadi masyarakat bisa langsung menginput usulan-usulan mereka melalui sistem elektronik yang sudah disediakan,” tandasnya.

Sistem online seperti ini, kata dia, banyak manfaat yang didapat. Antara lain pelaksanaan lebih transparan dan masyarakat akan merasa dilibatkan langsung dalam proses pembangunan di kotanya. “Jadi masyarakat bisa memantau langsung usulan mereka, dengan adanya aplikasi ini,” tandasnya.

Airin berharap, dari kunjungan Pemkot Banda Aceh ini bakal menghasilkan beragam kerjasama yang melibatkan dua daerah. “Nanti akan dibahas bentuk perjanjian kerjasamanya seperti apa, bisa dilakukan antar-dinas di Banda Aceh dan Tangsel,” tandasnya.

Sementara Walikota Banda Aceh, Illiza mengaku ada beberapa aplikasi milik Pemkot Tangsel yang bisa diterapkan oleh pihaknya. Salah satunya adalah e-Musrenbang. Ia mengaku jajarannya bakal mendalami sistem e-Musrenbang yang sudah dijalankan di Kota Tangsel sejak tahun 2015 itu. (kie)

Komentar Anda

comments