Karang Taruna Pamulang Siap Bantu Entaskan Masalah Sosial

oleh -
Camat Pamulang saat pelantikan pengurus Karang Taruna Pamulang. (man)
banner 300250
Camat Pamulang saat pelantikan pengurus Karang Taruna Pamulang. (man)
Camat Pamulang saat pelantikan pengurus Karang Taruna Pamulang. (man)

Tangsel, PalapaNews — Sebanyak 42 pengurus Karang Taruna Kecamatan Pamulang resmi dilantik di Aula Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, Senin (29/2/2016). Dalam pelantikan tersebut Mukhlis Sahlan sebagai ketua terpilih dan Ade Roy Fitroh sebagai wakil ketua.

Mukhlis Sahlan mengatakan bahwa eksistensi teman-teman karang taruna sudah mulai terlihat. Karena yang dibutuhkan oleh karang taruna adalah gerakannya. Jangan sampai karang taruna hanya ada namanya saja tapi tidak ada kegiatannya.

“Makanya di sini kita mencoba untuk beraktualisasi dalam kegiatan kepemudaan. Namun kita juga butuh suporrt dari pemerintahan, karena kita adalah mitra pemerintah. Hal ini tentu perlu dikontribusikan untuk berkreasi lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Dia mengaku sinergi karang taruna dan pemerintah harus ditingkatkan. Sebab, pihaknya butuh suport dan sumbangsih serta arahan dari pimpinan seperti camat, lurah, dan pimpinan lainnya.

Sementara, Sekertaris Jenderal Karang Taruna Tangsel Fiqri YP mengatakan, pihaknya harus membantu pemerintah untuk mengentaskan  permasalahan sosial. Sehingga karang taruna bukan organisasi yang selalu mengandalkan bantuan pemerintah. Tapi kita harus memberikan ide dan solusi untuk menumbuhkembangkan dan maju tanpa harus terlalu berpangku tangan kepada pemerintah.

Saat ini Karang Taruna Kota Tangsel memiliki program unggulan yakni Taruna Go Green dan Taruna Wirausaha. Kedua program tersebut akan dikembangkan ke masing-masing kecamatan, sehingga mereka bisa mandiri.

“Kita tidak mau mengandalkan pemerintah. Kita justru ingin membantu pemerintah untuk mengentaskan masalah sosial. Nanti kita akan buat pemetaan, potensi unggulan apa yang bisa dikembangkan untuk nanti kita support dan dikerjakan bersama-sama,” ungkapnya.

Camat Pamulang Deden Juardi memberikan apresiasi kepada karang taruna yang sudah sangat semangat dalam menjalankan tugasnya. Dirinya berharap, melalui organisasi bisa menjadi perbentukan karakter bagi pemuda. Sebab, para pemimpin biasanya datang dari pengalamannya mengurus sebuah organisasi.

“Mereka harus tampil dan tunjukan bahwa mereka bisa membantu masyarakat. Seperti mengadakan pelatihan, kursus, atau pun membantu pada saat adanya musibah. Sehingga kami bisa saling bersibergi,” pungkasnya. (man)

Komentar Anda

comments