Peringatan Pertempuran Lengkong ke-70 Digelar

Foto bersama usai peringatan Pertempuran Lengkong ke-70 di Serpong. (man)
Foto bersama usai peringatan Pertempuran Lengkong ke-70 di Serpong. (man)

Tangsel, PalapaNews — Dalam rangka memperingati Peristiwa Pertempuran Lengkong yang ke-70, Dandim 0506 Tangerang, Letkol Inf Achiruddin beserta Irup Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Laksmana menghadiri upacara ziarah dan tabur bunga di Monumen Lengkong, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (28/2/2016).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Personel Yonif Mekanis 203/AK, Yonkav 9/BU, Denrudal 003, Kodim 0506/Tgr, Polres Tangsel Satuan Korsik Ajen Kodam Jaya, Wakil Walikota Tangsel, pelajar dan pramuka.

“Kami hadir di sini untuk mengenang dan meneladani perjuangan para Taruna dalam peristiwa heroik yang terjadi tanggal 25 Januari 1946 di desa Lengkong Wetan,” ujarnya.

Dirinya juga bercerita, pengorbanan tanpa pamrih para Taruna ini dibawah pimpinan Mayor Daan Mogot dalam melaksanakan tugas pelucutan senjata tentara Jepang yang berada di desa Lengkong.

Tugas tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan pemerintah dan sekutu sebagai pemenang setelah Jepang menyerah dengan di bom atomnya kota Nagasaki dan Hiroshima.

“Tentara Jepang yang berada di desa Lengkong Wetan dipimpin Kapten Abe tidak kooperatif sehingga terjadilah pertempuran yang tidak seimbang antara para Taruna dengan tentara Jepang yang bersenjatakan lengkap. Oleh karena itu, gugurlah para Taruna termasuk Mayor Daan Mogot sehingga peristiwa ini diperingati setiap tahunnya,” jelasnya.

Menurutnya, peringatan ini harus tetap dilaksanakan setiap tahun karena merupakan sejarah yang perlu dilestarikan. Selain itu, sebagai salah satu contoh bagi generasi penerus dalam menemukan jati dirinya.

“Semoga peringatan ini tidak pernah berhenti dan kedepan menjadi bagian Pemkot Tangsel dan TNI,” harapnya.

Setelah pelaksanaan Upacara Ziarah dan tabur bunga di TMP Taruna dilanjutkan Upacara dan peletakan Karangan Bunga di Monumen Daan Mogot Periswa Pertempuran Lengkong Jl. Raya BSD Kelurahan Lengkong Karya, Kota Tangsel. (man)

Komentar Anda

comments