Pemkot Tangsel Apresiasi Kantong Go Green Tiptop

Menggunakan Plastik Ramah Lingkungan

Pemkot Tangsel Apresiasi Kantong Go Green Tiptop

Tangsel, PalapaNews – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memuji langkah pihak pusat belanja modern Tiptop Cabang Ciputat lantaran telah menggunakan plastik Go Green. Langkah ini dinilai sebagai gerakan peduli lingkungan.

Diketahui, pemakaian plastik ramah lingkungan itu telah lama dilakukan supermarket Tiptop Cabang Ciputat. Ini jauh dari pemberlakuan program pemerintah terkait kantong plastik berbayar.

Kabid Industri Disperindag Kota Tangsel, Ferry Payacun mengatakan pemakaian plastik ramah lingkungan di supermarket lebih baik dibandingkan dengan program plastik berbayar kepada masyarakat Rp200 yang diberlakukan pemerintah.

“Saya lebih setuju seluruh supermarket memakai plastik ramah lingkungan, tidak perlu yang (bayar) Rp200 itu,” ujarnya ketika melakukan monitoring dan pembinaan di Supermarket Tiptop Ciputat di Jalan RE Martadinata, Senin (22/2/2016).

Sementara pihak Tiptop menyatakan memilih menggunakan plastik Go green seperti yang sudah dilakukan pihaknya.

Sedangkan terkait plastik berbayar, pihaknya masih mendiskusikan solusi terbaik mengenai pembayaran Rp. 200 kepada pembeli di supermarketnya .

“Saat ini kami masih rapat dengan Aprindo dan Badan lingkungan hidup. Kami tetap ingin mengikuti regulasi yang ada,” ujar Yusuf, pimpinan Tiptop Cabang Ciputat

Yusuf menambahkan, pihaknya masih menunggu keputusan hasil rapat untuk memberlakukan pembayaran Rp 200 tersebut atau tidak. Sebab, kantong plastik yang digunakan Tiptop telah memiliki standar ramah lingkungan.

“Sudah mengikuti beberapa tes dengan hasil plastik itu dapat hancur selama setahun,” tambah Yusuf.

Sementara bagian HRD supermarket Tiptop, Ella, mengkhawatirkan bila pembayaran iuran Rp200 dapat membebani pelanggan. “Kami cuman takut membebankan customer aja,” ujarnya. (man)

Komentar Anda

comments