Marak Isu PHK, Ini Solusi dari Portal KapanKerja.com

Ilustrasi. (joglosemar.co)
Ilustrasi. (joglosemar.co)

PalapaNews- Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selalu menjadi momok menakutkan bagi para tenaga kerja. Pasalnya, PHK sudah pasti berimbas pada kesejahteraan hidup pribadi dan keluarga. Selain memilki dampak buruk bagi kaum pekerja, PHK juga merupakan ancaman tersendiri bagi pemerintah.

Baru- baru ini merebak isu tutupnya perusahaan elektronik multinasional seperti Panasonic dan Toshiba. Dari dua perusahaan besar tersebut, dikabarkan setidaknya  ada sekitar 2.500 pekerja yang menjadi korban PHK. 1.500 dari Panasonic, sementara sisanya 1000 pekerja dari Toshiba.

Bukan mustahil, kejadian ini mengekor ke perusahaan-perusahaan lain di Indonesia. PHK pun masih mungkin bertambah di awal tahun 2016.

Menyikapi hal demikian, KapanKerja.com memberikan solusi konkrit kepada karyawan yang di PHK karena diisi dengan berbagai jenis lowongan pekerjaan pada berbagai sektor industri.

“Mereka tentu tidak ingin selepas PHK kemudian menjadi pengangguran. Namun, mereka juga harus siap bersaing dengan lulusan akademisi baru yang jumlahnya tidak sedikit. Nah, KapanKerja.com memberikan solusi untuk itu, karena kami percaya bahwa semua butuh pekerjaan dan butuh karir,” ujar William Salim CEO KapanKerja.com dalam keterangan persnya kepada PalapaNews.com, Rabu (10/2/2016).

Kendati demikian, William mengatakan bahwa isu PHK ini hendaknya jangan sampai membuat seseorang menjadi putus asa dan patah semangat.  Saat perusahaan-perusahaan besar mem-PHK karyawannya, masih ada kesempatan terbuka di perusahaan lain yang membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.
Dalam era MEA ini, William melihat banyak pengusaha yang membuka lahan pekerjaan dalam berbagai bidang. Ini merupakan kabar baik bagi para pencari kerja.

“PHK jangan sampai membuat seseorang putus asa, dan menyerah. Disaat perusahaan – perusahaan besar membelakukan PHK, masih ada kesempatan bekerja di perusahaan lain. Saat ini, lahan pekerjaan di Indonesia sudah mulai berkembang, karena sudah banyak pengusaha yang mulai merintis bisnis dalam berbagai lokal. Perusahaan lokal pun, kalau dikelola dengan baik, dengan tenaga kerja yang berkompeten, tidak akan kalah saing dengan perusahaan multinasional,” jelas William yang saat ini menjabat Ketua Bidang Inkubator Asosiasi Pengusaha Digital Indonesia (APDI).

Pengusaha muda itu mengingatkan bahwa di era digital ini, PHK bukan menjadi kendala yang harus ditakuti.

“PHK jangan ditakuti. Cari lagi kesempatan kerja yang lebih baik. Kami siap memberikan informasi lowongan kerja yang para job seeker butuhkan. Kami bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha dari lokal sampai multinasional di seluruh Indonesia,” imbuh William.

Jumlah lapangan pekerjaan saat ini, lanjut Wiliiam, lebih banyak dari jumlah karyawan yang di-PHK untuk itu ia optimis bahwa para pencari kerja akan mendapatkan pekerjaan asal memilki sumber informasi yang tepat mengenai lowongan pekerjaan.

“Tidak perlu khawatir kok, jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia masih lebih banyak daripada jumlah karyawan yang kena PHK. Jika terus mencari dan berusaha tentu joob seeker akan mendaptkan pekerjaan. Yang terpenting adalah setiap individu harus punya daya saing global,” tutup William. (one)

Komentar Anda

comments