Genjot Produktifitas, Nelayan Pamekasan Manfaatkan Aplikasi mFish XL

Kerjasama XL dengan Pemkab Pamekasan, Madura. (ist)
Kerjasama XL dengan Pemkab Pamekasan, Madura. (ist)

PalapaNews- PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama dalam meningkatkan produktivitas nelayan setempat. Kerjasama, diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital mFish kepada masyarakat nelayan di 6 desa.

Sebanyak 110 orang nelayan mendapatkan bantuan paket aplikasi mFish, yang bisa langsung dipakai sebagai pemandu dalam menjalani profesi mereka. Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari secara simbolis meluncurkan program kerjasama bertema “Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan” tersebut di Pamekasan,  23 Desember 2015 lalu.

“Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup,” kata Desy Sari Dewi, Vice President East Region XL dalam keterangan pers yang dikirim ke palapanews.com, Selasa (5/1/2015).

Seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan Desa Broadband di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. “XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan nelayan di Madura,” tambah Desy.

Paket mFish gratis biaya paket data selama 6 terdiri dari; handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surga. Adapun fitur yang dimiliki yakni; informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Bagi Dinas Kelautan dan Perikanan setempat bisa mendapatkan data riil dari nelayan yang mencakup; harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan.

“Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya,” Desy menambahkan.

Setelah Kabupaten Pamekasan, XL akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian, total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas. (bud)

Komentar Anda

comments