Rektor UNTIRTA: LPTK Punya Peran Penting Majukan Pendidikan

Rektor UNTIRA, Prof. Sholeh Hidayat didampingi Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad dalam pembukaan lokakarya. (ist)
Rektor UNTIRA, Prof. Sholeh Hidayat didampingi Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad dalam pembukaan lokakarya. (ist)

PalapaNews- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Prof Sholeh Hidayat menilai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan nasional.

“Peran penting LPTK mendongkrak kualitas guru, yang akan menjadi penentu mutu pendidikan kita, khususnya di Provinsi Banten,” kata dia saat membuka Lokakarya Peningkatan Kapasitas bagi Instruktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) kerjasama LPTK Banten dengan USAID PRIORITAS.

Acara yang diadakan selama tiga hari, 17-19 Desember 2015 diikuti oleh sejumlah dosen yang berasal dari dua lembaga terbesar pencetak guru di Banten, UNTIRTA dan IAIN SMH.

“Peserta lokakarya ini adalah dosen-dosen Untirta dan IAIN SMH yang juga merupakan instruktur pelaksana sertifikasi guru,” ujar Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS.

Lebih lanjut Rifki menjelaskan tujuan spesifik lokakarya sebagai upaya memperkuat pelaksanaan pendidikan profesi guru di Banten.

“Secara khusus lokakarya ini bertujuan untuk mengarahkan dosen yang menjadi instruktur PPG untuk melaksanakan pembelajaran aktif. Kedua tentunya mengembangkan jurnal refleksi,” kata Rifki.

Ia menambahkan, para pendidik dilatih untuk mengembangkan pertanyaan tingkat tinggi bagi siswa. Selanjutnya, mereka mampu menyusun perangkat penilaian auntentik.

“Terakhir, kami berharap lokakarya ini mampu menyiapkan perangkat pembelajaran yang mumpuni bagi guru,” bebernya.

Untuk diketahui, PPG merupakan program lanjutan yang harus ditempuh mahasiswa calon guru sebelum mengajar. Sebelum lokakarya, para fasilitator telah dilatih bersama oleh Kemristek Dikti dan USAID PRIORITAS di tingkat nasional pada awal Desember lalu.

“Harapannya adalah dosen yang telah mengikuti lokakarya ini dapat memfasilitasi kegiatan sertifikasi guru (sergur) lebih baik lagi,” ujar Naf’an Tarihoran, Spesialis Pelatihan Guru Provinsi Banten USAID PRIORITAS selaku ketua penyelenggara. (one)

Komentar Anda

comments