BPTI Tangsel Kenalkan SIKAP & SPSE4

BPTI Tangsel sosialisasi SIKAP dan SPSE4. (ymw)
BPTI Tangsel sosialisasi SIKAP dan SPSE4. (ymw)

PalapaNews- Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangsel mengenalkan teknologi anyar, Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) dan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4 bagi penyedia barang dan jasa.

Kepala Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Aplahunnajat mengatakan, meski program ini diresmikan tapi penyedia barang dan jasa wajib mengetahui adanya sistem di atas. Sistem ini sangat penting karena berpengaruh terhadap aktivitas para pelaku usaha.

“Di dalam SPSE4 ini terdapat perubahan cukup signifikan,” katanya di salah satu hotel kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jum’at (20/11/2015).

Aplah jelaskan,ā€Ž perubahan sistem ini membolehkan peserta lelang hanya satu pemohon saja. Padahal, sebelumnya dalam kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa minimal ada tiga peserta.

Aplikasi SIKAP berbasis SPSE4 dibuat bertujuan untuk menekan angka sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) kas daerah. Bisa juga lantaran keterlambatan penyelenggaraan program, lantaran kas daerah sangat tergantung oleh pengesahan di tingkat legislatif.

“Sekarang sifatnya kita mengundang, bukan mengumumkan. Dimana nantinya data kualifikasi penyedia akan selalu ada karena telah tersimpan di dalam aplikasi SIKAPā€Ž,” jelasnya.

Aplah tambahkan, dokumen yang telah tersimpan dalam aplikasi tersebut tentunya valid. Sehingga ketika digelar lelang pengadaan barang dan jasa tak perlu lagi dilakukan pengecekanā€Ž data kualifikasi milik pelaku usaha.

Makanya semua penyedia barang dan jasa harus menguasai pengoperasian sistem aplikasi SIKAP dan SPSE4. Jika tidak, maka akan sulit ketika ingin mengikuti lelang tender di Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Kita turut menggandengā€Ž LKPP (Lembaga Kebijakan Penyediaan Barang dan Jasa Pemerintah) selaku lembaga berkompeten,” tambah mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Tangsel ini. (one)

Komentar Anda

comments