Nutrisi Penting Bisa Menjadi Penyebab Alergi

dr Christiana R Setiawan. (fit)
dr Christiana R Setiawan. (fit)

PalapaNews- Masa pertumbuhan anak adalah masa-masa emas dimana kunci utama pembentukan struktur otak anak adalah nutrisi dan stimulasi.

Pada masa-masa emas itu anak akan menyerap lebih banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh. Namun, adakalanya nutrisi penting itu bisa menyebabkan alergi yang dapat menghambat pertumbuhannya.

“Membentuk si kecil untuk berperilaku cerdas dan cerdas berperilaku sejak dini tidak bisa lakukan secara instan. Masa awal 1000 hari pertama kehidupan anak akan sangat menentukan. Selain itu, penilaian harus menyesuaikan dengan tahapan normalisasi perilaku anak yang sesuai usianya,” kata dr Christiana R Setiawan dalam Seminar Awam Bethsaida Hospitals, belum lama ini.

Salah satu asupan nutrisi penting bagi pertumbuhan yang dapat menyebabkan alergi adalah susu. Hal ini disebabkan karena protein susu sapi adalah salah satu jenis protein yang pertama kali diberikan pada bayi. Selain itu, kemampuan pencernaan dan fungsi enzim pencernaan pada bayi belum bekerja dengan optimal.

Dikesempatan yang sama, dr Johannes Ridwan menambahkan Penatalaksanaan alergi susu sapi adalah dengan mengindentifikasi pencetus dengan menghindari protein susu sapi. Jika ibu memberikan ASI eksklusif maka ibu jangan konsumsi susu sapi dan produknya.

Dan, jika anak minum susu formula maka berikan susu khusus untuk alergi, begitu juga dengan makanan pengganti ASI nya bebas produk susu sapi dan terakhir jangan lupa baca label kemasannya.

Beberapa penelitian menunjukkan alergi dengan berbagai akibat yang bisa mengganggu organ sistem susunan saraf pusat dan disfungsi sistem imun itu sendiri. Hal itu dapat menimbulkan banyak manifestasi klinik yang dapat mengganggu perkembangan dan perilaku seorang anak.

Ayo tunggu apalagi, cek alergi sejak dini untuk kecerdasan dan tumbuh kembang optimal si kecil. (fit)

Komentar Anda

comments