Puluhan Ribu Rumah di Kabupaten Serang tak Teraliri Listrik

Ilustrasi. (foto: pojoksatu.com)
Ilustrasi. (foto: pojoksatu.com)

Palapanews- Puluhan ribu rumah di Kabupaten Serang, Banten, belum teraliri listrik hingga 2015 ini. Akses ke pelosok yang sulit, menjadi alasan pemerintah belum menyentuh daerah tersebut.

Diketahui, sebanyak 32.814 rumah pada 2014 masih tak tersentuh listrik, sementara yang sudah teraliri listrik baru 339,685 rumah dari jumlah kepala rumah tangga 371.999 jiwa. Sedangkan untuk  2015 masih dalam proses pendataan.

“Masih banyak rumah yang belum teraliri listrik,” kata Kabid Energi Dinas Kelautan Perikanan/Energi dan Sumberdaya (DKPESDM) Kabupaten Serang, Pampangrara.

Kendala yang dihadapi pemerintah, menurutnya disebabkan beberapa faktor seperti jangkauan dan masyarakat yang kurang mampu. “Jangkauan yang sulit serta masalah ekonomi masyarakat masih menjadi faktor,” ujarnya.

Pampangrara menyebut, tahun ini rumah yang akan dialiri listrik tahun ini sebanyak 521 rumah yang tersebar di Kabupaten Serang. “Dan itu sudah masuk dalam Anggaran Perubahan dengan anggaran sebesar Rp600 juta untuk sambungan listrik,” tutupnya. (biem/one)

Komentar Anda

comments