Sakit Tenggorokan? Terapkan 6 Cara Ini

oleh -
sakit tenggorokan
Sakit Tenggorokan (bbs)

Palapanews– Sakit tenggorokan mungkin pernah melanda anda, dengan tanda-tanda seperti gatal-gatal, serak, dan terasa nyeri saat menelan makanan.

Penyebabnyapun bermacam-macam, mulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga merokok. Terlepas dari penyebabnya, simak beberapa tips yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi sakit tenggorokan.

1. Berkumur dengan air garam hangat
Melalui beberapa penelitian, berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi pembengkakan tenggorokan, menghilangkan lendir, dan mengurangi iritasi yang disebabkan bakteri.
Seduh air hangat dicangkir dengan setengah sendok teh lalu minum.

2. Makan permen pelega tenggorokan
Makan permen pelega tenggorokan akan merangsang produksi air liur yang dapat menjaga agar tetap lembab. Permen pelega tenggorokan memiliki bahan-bahan antibakteri yang dapat mengurangi nyeri tenggorokan.

3. Minum obat batuk sirup
Obat batuk sirup dapat mengusir ketidaknyamanan dan mengurangi nyeri tenggorokan untuk sementara waktu. Saat beraktifitas, sebaiknya konsumsi obat batuk sirup yang tidak menyebabkan kantuk.

4. Perbanyak Konsumsi Cairan
Perbanyaknya konsumsi air putih atau cairan lain untuk mencegah dehidrasi. Jaga kondisi tubuh dengan cukup cairan agar dapat memerangi bakteri dan iritasi alergen pada tenggorokan. Konsumsi cukup air putih dapat menjaga selaput lendir agar tetap lembab.

5. Minum Teh
Bila ingin meminum yang lain selain air putih, anda dapat meminum secangkir teh. Minum teh dapat menawarkan efek yang dapat menenangkan saat sakit tenggorokan. Teh non herbal yang terbuat dari daun hitam, hijau, atau putih dapat menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan.

6. Makan Sup Ayam
Selain membantu menyembuhkan flu, sup ayam juga dapat mengurangi sakit tenggorokan. Natrium dari kaldu sup ayam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu proses kesembuhan radang tenggorokan.

Nah bila anda sakit tenggorokan, coba terapkan beberapa tips diatas. (bbs/fit)

Komentar Anda

comments