Ini Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa

oleh -
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)

Palapanews- Beberapa hari belakangan ini, cuaca terik melanda berbagai daerah. Nah, bagi Anda yang tengah berpuasa, mungkin akan terasa berat menjalaninya saat cuaca seterik itu. Stamina harus tetap terjaga agar tidak dehidrasi atau jatuh sakit.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak sampai dehidrasi, sementara Anda tidak memiliki banyak kesempatan untuk minum? Seperti yang telah dilansir oleh tribune.com, berikut ini caranya agar Anda tetap terhidrasi selama berpuasa.

Minum 2 Gelas Air Saat Sahur

Saat makan sahur, usahakan minum minimal 2 gelas air mineral, dan kurangi minuman manis untuk mencegah kenaikan berat badan yang drastis selama bulan puasa.

Makanan Dengan Kandungan Air Tinggi

Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, misalnya semangka, mentimun, atau buah-buahan lain.

Minum Banyak Saat Berbuka Bukanlah Solusi

Anda membutuhkan asupan air lebih banyak saat makan sahur, dimana tubuh Anda selanjutnya tidak akan menerima asupan air untuk beberapa jam ke depan. Minum 8 gelas air saat berbuka bukanlah solusi yang tepat.

Berbukalah Dengan Kurma Dan 2 Gelas Air

Anda tentu sering mendengar bahwa Anda disarankan berbuka dengan kurma? Mengapa? Buah kurma mengandung kadar glukosa alami yang cukup tinggi, serta kandungan nutrisi lain yang juga tinggi. Kandungan gizi yang terdapat pada kurma dapat membantu mengembalikan energi Anda yang telah hilang selama berpuasa. Dan tentu saja air akan mengganti cairan yang hilang dalam tubuh Anda.

Bawa Air Saat Keluar Malam

Saat Anda keluar malam, misalnya untuk Salat Tarawih, bawalah air untuk Anda konsumsi di waktu senggang. Hal ini akan membantu Anda mencukupi kebutuhan air dengan cara yang baik.

Minum Di Sela-Sela Waktu Tidur

Mengingat bahwa waktu makan dan minum Anda hanya sepanjang malam, bawalah air minum ke kamar, dan minumlah jika Anda terbangun di sela-sela tidur Anda.

Ada baiknya juga Anda mengurangi aktivitas luar ruangan. Karena mungkin aktivitas di luar ruangan itu dapat mengurangi kelembapan tubuh Anda secara drastis. Dehidrasi dapat membuat Anda jatuh sakit dan merusak kesehatan kulit Anda.(vem/fit)

Komentar Anda

comments