Sekjen PWI Pusat: Awasi Kampanye Lewat Medsos

Salah satu grup Facebook yang diduga dijalankan tim sukses bakal calon.(rep)
Salah satu grup Facebook yang diduga dijalankan tim sukses bakal calon.(rep)

Palapa News- Media sosial (medsos) menjadi sarana efektif untuk melakukan promosi. Belakangan, medsos seperti Facebook dan Twitter banyak digunakan untuk kampanye politik.

“Seperti saat pemilihan Presiden lalu. Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla secara efektif berhasil memanfaatkan sarana media sosial untuk berkampanye,” kata Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun dalam Bincang Demokrasi bertajuk ‘Bedah UU Pilkada’ di Serpong, Rabu (3/6/2015).

Ia menilai, perlu ada regulasi baku untuk mengatur kampanye melalui media sosial. Sama halnya seperti pembatasan yang dilakukan terhadap media, baik itu media koran, media online ataupun televisi.

“Harus ada aturan yang baku dan mengikat,” mantan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Warta Kota ini menambahkan.

Diketahui, akun-akun yang diduga dikontrol tim sukses bakal calon walikota Tangsel sudah mulai bermunculan. Yang paling mencolok, yakni melalui media sosial Facebook.

Dari pantauan Palapa News, ada beberapa grup Facebook pendukung bakal calon walikota Tangsel. Antara lain, Komunitas Pecinta Haji Arsid, Relawan Pendukung Ir HM Shaleh MT for Walikota Tangerang Selatan dan beberapa grup maupun akun lainnya.(one)

Komentar Anda

comments