PTK Jadi Solusi Pembelajaran

Rifki Rosyad menutup PTK ketiga di Pamulang.(hms)
Rifki Rosyad menutup PTK ketiga di Pamulang.(hms)

Palapa News- Untuk mendapatkan mutu pendidikan yang baik, terkadang guru menghadapi beragam kendala dalam pembelajaran. Namun, kendala itu bisa dicarikan solusi, salah satunya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

“Guru harus dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran demi peningkatan mutu pendidikan,” kata Ade Husnul Mawadah, Staf Pelatihan Guru USAID PRIORITAS Banten disela rapat Kerja PTK di Pamulang, Sabtu (11/4/2015) lalu.

Untuk memperoleh solusi pembelajaran tersebut, kata dia, guru menggali rasa ingin tahu dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). “Tidak hanya guru, dosen juga demikian sebagai tenaga pendidik,” Ade menambahkan.

Diketahui, Rapat Kerja PTK tahap ketiga berlangsung selama tiga hari, bertujuan untuk menganalisis temuan data pada siklus dua dan mengkaji format laporan penelitian.

Sebanyak 16 guru dan dosen menjadi peserta, pertemuan dibagi lagi menjadi empat tim yang terdiri dari satu tim literasi SD, satu tim literasi MTs, satu tim matematika MI dan satu tim IPA SMP.

Setiap tim terdiri dari dua dosen dan dua guru yang mewakili provinsi Banten untuk diajukan di tingkat nasional pada tahap selanjutnya.

“Solusi pembelajaran seperti ini yang kami harapkan kepada tenaga pendidik, yakni mereka mampu menemukan solusi pembelajaran lewat PTK. Bagi dosen yang kami libatkan di sini diharapkan mereka mampu memperkenalkan kepada mahasiswa, terutama calon guru agar PTK menjadi bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan,” ujar Ujang Sukandi, Spesialis Pelatihan Guru SMP/MTs USAID PRIORITAS.

Sementara Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS yang menutup acara PTK tahap ketiga ini mengharapkan agar guru dan dosen yang menjadi peserta dapat terpilih untuk maju di tingkat nasional.

“Setelah ini, bapak-ibu akan ikut serta dalam pertemuan antar provinsi untuk menyampaikan temuan dan simpulan yang sudah dilakukan. Selanjutnya, hasil PTK yang terbaik akan disampaikan kepada Kemdikbud untuk disosialisasikan,” Rifki menambahkan.(anna/one)

Komentar Anda

comments