Walikota Tangerang Pergoki Pabrik Buang Limbah ke Sungai

Walikota Tangerang saat turun ke Sungai Cisadane.(hms)
Walikota Tangerang saat turun ke Sungai Cisadane.(hms)

Palapa News- Walikota Tangerang Arief R Wismanyah memergoki pabrik membuang limbah ke Sungai Cisadane, Minggu (28/9/2014). Kejadian itu, saat Arief bersama warga turun ke kali membersihkan sampah.

Arief yang turun ke kali dalam acara Clean Up the Wordl yang digelar LSM Banksa Suci, memergoki saluran air yang selama ini menjadi saluran pembuangan limbah pabrik ke Sungai Cisadane.

Secara spontan, Arief langsung memerintahkan pihak Kelurahan untuk memanggil pengelola pabrik yang buang limbah tersebut. Ia juga memerintahkan pihak BPLH Kota Tangerang untuk menutup saluran air tersebut. “Tutup aja salurannya,” perintah Walikota.

Menurut Arief, ulah pengelola pabrik nakal yang membuang limbah sembarangan harus ditindak secara tegas. “Kalau perlu cabut izin operasionalnya,” tegasnya.

Walikota juga sangat menyayangkan ulah oknum pengelola pabrik yang memilih membuang limbahnya ke Sungai Cisadane yang menjadi sumber air minum baku bagi Warga Kota Tangerang. Selanjutnya Walikota juga akan memerintahkan BPLH untuk mengecek Instalasi Pembuangan Air Limbah pabrik-pabrik di Kota Tangerang.

Sementara itu, Kepala BPLH Kota Tangerang Lisa Angraeni menjelaskan bahwa pabrik tersebut sudah masuk pengadilan dan sudah ada putusan, namun karena pasal yang didakwakan bukan berdasarkan UU 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup maka sangsinya sangat ringan.

Oleh karenanya, pihaknya akan melakukan tindakan penuntutan berdasarkan undang-undang tersebut. “Sangsinya bisa pencabutan izin dan pemulihan lingkungan,” jelasnya.(hms/nai)

Komentar Anda

comments