RSUD Kota Tangerang Resmi Beroperasi

PERESMIAN RSUD KOTA TANGERANGPalapa News – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang secara resmi beroperasi melayani masyarakat Kota Tangerang, muali dari rawat inap maupun yang rawat jalan. Hanya dengan KTP dan KK Kota Tangerang, serta dilengkapi dengan rujukan dari puskesmas masyarakat bisa mendapatkan pelayanan tanpa dipungut biaya, Senin (10/3).

“Kalau pasien yang gawat darurat bisa langsung di rawat,” ujar Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah usai acara peresmian.

Peresmian RSUD Kota Tangerang ini sengaja dilakukan oleh para tokoh masyarakat dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang, karena pembangunan RSUD tersebut menggunakan APBD yang bersumber dari pajak yang dibayarkan warga masyarakat Kota Tangerang.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yeng telah melunasi PBB, sehingga pembangunan di Kota Tangerang bisa berjalan,”tandas Arief seraya mengatakan jika program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah tidak akan terlaksana bila tanpa partisipasi aktif masyarakat.

Perlu diketahui, RSUD Kota Tangerang sendiri merupakan kelanjutan dari berbagai upaya Pemkot dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat. Dibangun di atas lahan seluas Luas 24.000 m2/ 2,4 hektar. Dengan luas bangunan 15.630 m2. Yang terbagi dalam dua tahap pembangunan yaitu di tahun anggaran 2012 dan 2013. Tahap I sebesar Rp. 32.359.100.000,- milyar dan tahap II Rp. 122.898.000,- milyar. Dengan total keseluruhan biaya mencapai Rp. 155.257.100.000,- miliar.

Dengan kapasitas 300 tempat tidur. Terdapat 17 ruang poliklinik yang meliputi pelayanan spesialistik dasar, pelayanan spesialistik lainnya dan penunjang medik yaitu poli penyakit dalam, kesehatan anak, kebidanan dan kandungan, bedah umum,  mata,  Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT),  kulit dan kelamin, kosmetik, kesehatan gigi, dan mulut, jantung dan syaraf.

“Kami juga menyediakan shuttle, kendaraan penjemput dari gerbang depan menuju lobby RS,”paparnya.

Walikota juga menjelaskan bahwa RSUD nanti bisa menjadi rujukan dalam pelayanan kesehatan di Kota Tangerang. “Pelayanannya berjenjang dari puskesmas terus bisa dirujuk ke RSUD,”imbuhnya.(nai)

Komentar Anda

comments