Pemudik Diimbau tak Bawa Saudara dari Kampung

Ilustrasi PendudukPalapa News- Pemkot Tangsel melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipilĀ  (Disdukcapil) mengimbau pemudik asal Tangsel untuk tidak membawa saudaranya dariĀ kampung halaman.

ā€œKami tidak melarang. Hanya saja menghimbau, agar apabila hendak mengadu nasib di Kota Tangsel memang sudah siap dan memiliki keahlian. Kan kasihan juga mereka kalau tiba disini ternyata tidak bisa bersaing,ā€ kata Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto, Kamis (1/8/2013).

Diakuinya, berdasarkan data dua tahun terakhir, lonjakan pendatang baru usai lebaran cukup signifikan. Mayoritas mereka adalah pendatang yang dibawa oleh keluarganya yang mudik ke kampung halaman.

ā€œJangan sampai mereka (para pendatang baru) malah makin kesulitan mencari nafkah di Kota Tangsel apabila datang tanpa memiliki keahlian sama sekali,ā€ katanya.

Misalnya, terang Toto, apabila sanak saudara yang dibawa ke Kota Tangsel telah memiliki keterampilan bertani di kampung halamannya dan memiliki lahan garapan, sangat sayang apabila ditinggalkan demi mencari peruntungan di Kota Tangsel.

ā€œKarena jelas di Kota Tangsel lahan pertanian minim dan keterampilan pendatang baru tersebut akan sulit direalisasikan. Alhasil, mereka malah akan jadi pengangguran dan itu sama saja, menghilangkan mata pencaharian mereka sendiri,ā€ tandasnya.(iwa)

Komentar Anda

comments