Ghana Tarik 110 Juta Kondom ‘Cacat’ Asal Cina

kondomPalapa News- Sebanyak 110 juta kondom buatan Cina ditarik Pemerintah Ghana dari peredaran di negara tersebut. Pasalnya, berdasar tes laboratorium, kondom buatan negeri tirai bambu ini cacat dan mudah berlubang.

“Kondomnya berlubang dan… mudah pecah,” kata juru bicara Lembaga Pengawas Obat dan Makanan (FDA) setempat seperti dikutip BBC.

Ratusan juta kondom ini dibagikan gratis dalam upaya memerangi penyebaran HIV/AIDS oleh Badan Kesehatan Ghana.

Berdasarkan informasi, sekitar 200 juta kondom cacat diyakini sudah terlanjur diimpor ke negara tersebut.

Thomas Amedzro, kepala unit pengawasan obat pada FDA mengatakan kondom-kondom ini diimpor melalui Kenya dari sebuah pabrik di Cina. Namun berdasar uji laboratorium kualitasnya tak laik pakai.

Tetapi malang bagi penggunanya, jutaan kondom sudah lebih dulu terlanjur tersebar meski aturan menyebut sebelum diedarkan mestinya setiap produk dites lebih dulu oleh aparat berwenang.

“Ada yang terlewat; ada kondom yang tidak diserahkan seperti disyaratkan untuk diuji lebih dulu,” katanya seraya menambahkan akibat pemakaian kondom bermasalah ini tetap bisa tertular penyakit seksual atau mengalami hamil yang tak diinginkan.

Ini terjadi karena kondom yang dites ternyata penuh lobang, yang diklaim tak kasat mata tetapi jelas di bawah kaca mikroskop. Problem lain yang disebut FDA adalah pelumas pada kondom tersebut.

Menurut data PBB di Ghana yang berpenduduk 25 juta jiwa, sekitar 230.000 warganya terinfeksi AIDS.(awa)

Komentar Anda

comments