PMS, Anda Siap Menghadapinya?

oleh -

Palapa News – Pra Menstruasi Syndrom (PMS) untuk sebagian wanita adalah momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, menstruasi menjadi teman sejati wanita. Setiap bulannya, sang “tamu” akan datang dan tidak ada kuasa untuk menolak. Namun repotnya,  bagi wanita yang mendapatkan gejala PMS akan merasakan sakit pada bagian tertentu, biasanya berupa nyeri, eneg, bahkan terkadang emosional tidak stabil. Apa anda selalu siap menghadapi gejala dari PMS? Mungkin informasi ini bisa membantu mengatasinya.

Untuk saat ini, beberapa  peneliti mungkin telah menemukan obat alami untuk mengatasi pra-menstruasi dari rasa kram, kembung, retensi cairan dan gejala lainnya.

Salah satunya para ilmuwan dari University of Massachusetts di Amherst dan Harvard yang dikutip dari emaxhealt. Mereka mendapatkan untuk wanita yang mengkonsumsi zat besi dalam bentuk suplemen atau dari makanan nabati yang 30 sampai 40 persen, lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan gejala PMS di kemudian hari, dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi jumlah terendah.

Dari studi mereka, yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, Elizabeth Bertone-Johnson dan rekan di tim di Harvard menilai asupan mineral di antara 3.000 wanita yang berpartisipasi dalam Nurses ‘Health Study II.

Para wanita itu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan frekuensi makanan tiga kali selama periode 10 tahun. Hasilnya, tidak satu pun dari wanita memiliki PMS di awal studi.

Satu dekade kemudian, 1.057 wanita didiagnosis dengan PMS dan 1.968 tidak pernah didiagnosis dengan gangguan tersebut.

Ternyata, dari data tersebut kesempatan yang lebih rendah dari PMS ditemukan bagi wanita yang mengonsumsi makanan dengan zat besi yang berasal dari makanan nabati seperti lentil dan kacang-kacangan dibandingkan zat besi yang berasal dari daging merah, ikan, dan unggas. Sumber lain nabati yang mengandung zat besi termasuk bayam, tahu, kacang kedelai, kismis dan oatmeal.

So, mulai sekarang baiknya konsumsi makan nabati yang mengandung zat besi secara teratur. Untuk ukuran zat besi yang dibutuhkan bagi tubuh anda,  sebaiknya anda konsultasikan dan minta rekomendasi kepada dokter anda.(ndo)

Komentar Anda

comments