Presiden Venezuela Hugo Chavez Meninggal Dunia

PalapaNews.com- Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia, Selasa (5/3/2013) sekitar pukul 16.25 waktu setempat.

Pengumuman kematian presiden berusia 58 tahun ini diungkapkan Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro, Selasa (5/3/2013) waktu setempat.

Dalam pengumuman nasional seperti disari dari CNN, Maduro mengatakan Chavez meninggal Selasa pukul 16.25 waktu setempat. Diberitakan, Maduro meneteskan air mata saat memberitakan hal itu.

Diketahui sebelumnya, Chavez dilaporkan menderita infeksi baru, menyusul perawatan kanker yang tengah dijalaninya. Sejak menjalani perawatan kanker di Kuba, Chavez tidak pernah kembali muncul di hadapan publik.

Banyak warga Venezuela kemudian mendesak, agar kondisi kesehatan Chavez diumumkan secara rinci ke publik. Chavez, yang menjabat presiden selama 14 tahun, diyakini memiliki kanker di sekitar panggulnya, tapi penyakit pasti yang dideritanya dirahasiakan.

Pada Juni 2011, Chavez mengumumkan bahwa dia menderita kanker, dan telah menjalani empat kali operasi sejak saat itu, termasuk perawatan kemoterapi dan radiasi.

Selama ini, Chavez diklaim mengambil keputusan negara dari tempat tidur di rumah sakit, namun ada beragam spekulasi mengemuka terkait kondisi kesehatannya.

Chavez kembali terpilih untuk enam tahun masa jabatan lagi, saat pemilu berlangsung pada Oktober 2012, tapi Mahkamah Agung memutuskan sumpah jabatan yang mestinya berlangsung 10 Januari lalu, bisa ditunda karena penyakit yang dideritanya. (tbn/awa)

Komentar Anda

comments