Makanan Berserat Beri Efek Relaksasi Usus

oleh
Makanan berserat. Foto: Unsplash
banner 300250

Palapanews.com- Untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan pada umumnya, kamu butuh makan makanan berserat setiap hari. Ada banyak alasan mengapa makanan berserat sangat penting dan dibutuhkan usus.

Dilansir Bustle, konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu melindungi usus dari efek stres. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi serat dalam jangka panjang bisa menjaga usus dari berbagai masalah pencernaan, salah satunya mencegah kanker.

Meski umumnya stres dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, namun fisik dan mental berhubungan erat sehingga efek stres jangka panjang juga akan memengaruhi kesehatan usus. Perasaan cemas, khawatir dan depresi bukan hanya bisa menimbulkan iritasi usus dan memicu penyakit celiac, tapi juga memicu perubahan gen.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology mengungkapkan bahwa makanan dengan kandungan serat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran mampu merangsang produksi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak jenis ini membantu menjaga ketebalan dan kesehatan dinding usus dari risiko lubang mikroskopis di sepanjang dinding usus akibat stres berlebih. (vem)

Sumber: Vemale.com

Komentar Anda

comments