Peduli Kesehatan, Kecamatan Benda Gencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

oleh
banner 300250

Palapanews.com– Berikan pelayanan prima terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan, Kecamatan Benda, Kota Tangerang terus memberikan inovasi terbaru agar masyarakat terlayani dengan baik.

Salah satu pelayanan yang sedang digencarkan adalah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Germas ini yang sedang kami gencarkan. Sebab, dengan gerakan ini secara langsung masyarakat akan sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan,” kata Camat Benda, Tedi Purnama seraya menambahkan, gerakan ini terus disosialisasikan ke masyarakat Benda.

Ada tujuh langkah untuk meningkatkan pola hidup sehat yakni :

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci pakaian, mengepel lantai dan lain sebagainya bisa dikategorikan aktivitas fisik. Mulailah dengan melakukan aktivitas tersebut setiap hari. Lebih baik jika ditambah olahraga secara rutin. Lari pagi atau jalan kaki pun bisa dijadikan aktivitas rutin.

2. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Mengurangi makanan junkfood dan minuman bersoda.

3. Tidak Merokok

Mulailah secara perlahan untuk berhenti merokok. Jika tidak bisa sendiri, minta bantunlah kepada ahli hipnosis untuk menghentikannya. Beberapa teman saya pun ada yang berhasil. Pada dasarnya jika ada kekuatan dari diri sendiri untuk berhenti merokok, maka hal ini tak mustahil untuk dilakukan.

4. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Sama halnya seperti rokok, maka minum minuman beralkohol pun harus dihentikan.

5. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin

Medical Checkup sangat penting dilakukan oleh setiap individu. Mendatangi rumah sakit bukanlah hanya saat kita sakit, justru saat kita (merasa) sehat. Sehingga bibit-bibit penyakit yang mungkin akan timbul di kemudian hari akan lebih mudah terdeteksi secara dini.

6. Membersihkan Lingkungan

Bersama-sama dengan tetangga melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan minimal sebulan sekali. Selain untuk hidup sehat juga akan mempererat tali silaturahim antar sesama anggota masyarakat.

7. Menggunakan Jamban

Mungkin terdengar aneh, tapi faktanya masih banyak daerah di Indonesia yang tidak menggunakan jamban sebagai tempat pembuangan. Penduduk tersebut masih banyak yang menggunakan sungai sebagai aktivitas mencuci pakaian, mencuci piring, mandi, pun buang air besar. Tentunya hal ini menimbulkan risiko penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Dikatakan Camat Benda, pihaknya juga melakukan jemput bola kepada masyarakat yang terkena penyakit diabetes. “Bagi masyarakat yang memiliki penyakit diabetes langsung kami jemput untuk diberikan pengobatan secara langsung,” kata Camat Benda.

Sementara itu, untuk sarana dan prasarana kesehatan, Kecamatan Benda memiliki dua puskesmas yang melayani lima kelurahan yakni Puskesmas Benda melayani Kelurahan Benda dan Jurumudi, sedangkan Puskesmas Jurumudi melayani Jurumudi Baru, Pajang, dan Blendung.

“Untuk saat ini, pelayanan kesehatan di puskesmas dibuka hingga hari Minggu. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” papar Camat Benda seraya menerangkan, untuk puskesmas rawat inap saat ini sedang dibangun. “Semoga pembangunan puskesmas rawat inap bisa selesai tepat waktu,” jelasnya.(Adv)

Komentar Anda

comments