Berkebun, Warga Kampung Markisa Raup Rp300 Ribu/Panen

oleh
banner 300250

Palapanews.com- Ide kreatif dan kerjasama yang baik dapat memberikan sebuah perubahan khususnya dalam perekomian, hal inilah yang dilakukan oleh warga Kampung Mari Kita Sadar (Markisa) yang berlokasi di Kelurahan Pasar Baru, RT 2/1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Pasalnya, kampung yang juga mendekorasi beragam cabang olahraga untuk mendukung Asian Games 2018 tersebut mampu bercocok tanam (berkebun) diatas lahan 12×12 meter persegi.

Ya, ditangan Pak Hadi ini, lahan yang dulunya rawa mampu disulap menjadi lahan yang ditumbuhi beragama sayur mayur. Ada beberapa jenis sayur mayur yang ditanam di lahan tersebut, seperti bayam, kangkung, cesim hingga cabai.

“Alhamdulillah atas kerjasama yang baik dengan warga, kami bisa menanam berbagai jenis sayuran,” kata Hadi selaku penggerak bercocok tanam.

Dalam aktivitasnya, Hadi dibantu oleh empat warga lainnya untuk merawat dan menjaga perkebunan yang amat minim lahan. “Ada empat orang yang membantu untuk merawat tanaman ini seperti memberi pupuk hingga menyirami agar cepat tumbuh dan bisa dipanen,” katanya.

Dikatakan Hadi, dirinya bersama teman temannya sudah berhasil panen sebanyak enam kali, dimana dalam sekali panen membutuhkan waktu paling lama 25 hari. “Kami berhasil panen selama enam kali, dan hasilnya sangat memuaskan,” papar Hadi seraya menambahkan, setiap panen, dirinya kerap kali menawarkan ke warga sekitar, apakah ada yang hendak membelinya atau tidak.

“Setiap panen, kami selalu menawarkan ke warga, apabila ada yang mau langsung kita berikan, tapi jika tidak, maka kami jual keluar,” ujarnya.

Kata Hadi, hasil dari panen tersebut cukup lumayan untuk keperluan operasional sehari- hari. “Sekali panen, kami mendapatkan uang sebesar Rp 300 ribu,” jelas.

Kedepannya, kata Hadi, dirinya akan terus berinovasi agar tetap mampu bercocok tanam bersama warga lainnya, dan meningkatkan perekonomian di Kampung Markisa. (ydh)

Komentar Anda

comments