Puluhan Warga Tangsel Diajari Membatik

oleh
Warga belajar membatik. Foto: Nad

Palapanews.com- Sedikitnya 25 warga Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapat pelatihan membatik. Pelatihan digelar di Datuk Batik Lkp Anggrek Bulan, Pamulang dari 11 hingga 13 Juli 2018.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan cara membatik tradisional dan menggali potensi para ibu rumah tangga untuk dapat berkreasi dengan batik,” ungkap Mercy Apriyanti, Kasi Kualitas Hidup Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel.

Menurutnya, kegiatan ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat khususnya dari Kelurahan Pisangan yang difasilitasi oleh DPMP3AKB.

Peserta juga diajarkan tentang bagaimana cara membatik dengan menggunakan canting, bagaimana cara mendidihkan lilin, membuat bentuk dan mengisi lowong serta pewarnaan yang baik sehingga mendapatkan hasil maksimal.

“Dalam pelatihan membatik selama tiga hari belum tentu mereka langsung bisa menjadi pengrajin batik, tapi paling tidak bisa mengetahui bahwa batik ternyata bukan motif batik, sehingga bisa memberitahu kepada anak anak mereka bahwa ini adalah seni tradisional asli Indonesia,” kata Mercy.

Semoga kegiatan ini bisa menggugah keinginan untuk membuat batik dengan konsep asli dari wilayahnya sendiri. (nad)

Komentar Anda

comments