KPU Tangerang Masih Sepi Pendaftar Bakal Caleg

oleh
Ilustrasi.

Palapanews.com- Masuk hari ke-10 pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), belum satupun partai politik yang mengajukan berkas bacaleg ke KPU Kabupaten Tangerang. Padahal, tahapan ini berlaku hanya sampai 17 Juli 2018, atau tinggal lima hari lagi masa tenggat waktunya.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zaenal mengatakan, saat ini merupakan tahapan pengajuan berkas bagi bakal calon anggota dewan (DPRD). Namun, hingga kini belum ada satupun parpol yang mengajukannya.

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar. Semoga, parpol bisa segera mengajukan berkas bacalegnya,” ujar Ali saat dihubungi, Jumat 13 Juli 2018.

Ali menjelaskan, pihaknya belum mengetahui secara pasti alasan 16 parpol yang menjadi peserta pemilu belum juga mendaftarkan bacalegnya. Padahal, sosialisasi pendaftaran bacaleg sudah diumumkan sejak 1 Juli 2018.

“Kami sudah mengumumkan dari tanggal 1-3 Juli 2018, baik melalui website KPU Kabupaten Tangerang, maupun melalui media cetak. Kalau komunikasi, semua parpol sudah berkomunikasi dengan kami, bahkan sebelum pendaftaran dimulai KPU sudah mengundang parpol dalam rangka rakor persiapan pendaftaran,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya tidak bisa memprediksi kapan parpol mendaftar. Walaupun saat diakhir pendaftaran atau di tanggal 17 Juli 2018, pihaknya sudah siap menerimanya.

“Kami tidak khawatir, karena kami akan menyampaikan hasil vermin (verifikasi administrasi) kepada parpol sampai tgl 21 Juli 2018. Kami tidak bisa memprediksi, yang jelas kami harus sudah siap menerima pendaftaran dari tanggal 4-17 Juli 2018. Jadi kapanpun partai daftar, kami sudah siap,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane. Belum ada parpol yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU. “Belum ada yang mendaftar. Kami masih menunggu. Padahal sudah kami surati,” ucapnya.

Namun, Pane sudah mendapat informasi satu parpol yakni Partai Perindo akan mendaftar bacalegnya pada hari ini Jumat 13 Juli 2018. “Rencananya Perindo mau daftar hari ini. Sisanya belum ada yang mendaftar,” jelasnya.

Sementara, Pane menambahkan, pihaknya telah menerima kapan pastinya parpol lainnya mendaftar bacalegnya. Seperti Partai PAN, NasDem, akan mendaftar pada 16 Juli 2018. Sedangkan PPP, PSI, Gerindra mendaftar tanggal 17 Juli 2018.

“Saya berharap parpol tersebut bisa mendaftar sesuai dengan waktu yang telah direncanakan,” tutup Pane. (rik)

Komentar Anda

comments