Aneh, Data Nasabah BCA Pamulang Bisa Digunakan Nasabah Lain

oleh
Nasabah BCA, Nadia Lisa Rahman.

Palapanews.com- Seorang nasabah PT Bank Central Asia (Bank BCA), Nadia Lisa Ramhan mengalami kejadian tak mengenakan. Data pribadinya di Bank BCA ternyata digunakan nasabah lain sejak 2015 silam.

Nadia yang sudah menjadi nasabah Bank BCA sejak 2013 silam itu baru mengetahui kalau data pribadinya digunakan nasabah lain saat hendak mengganti kartu lama dengan yang baru di BCA Kantor Cabang Pamulang pada 3 Juli 2018.

“Saya juga mau registrasi BCA mobile. Saat itu saya dilayani CSO (Customer Service Officer) atas nama Kissy Mariana Lumanaw,” kata Nadia menjelaskan kepada Palapanews, Rabu (11/7/2018).

Saat mengecek persamaan data dengan KTP asli nasabah, menurut Nadia CSO tersebut terlihat bingung karena terdapat perbedaan foto dan tandatangan. Lantas, Nadia diminta CSO untuk melakukan tandatangan seperti data yang dimiliki CSO.

“Semua data atas nama saya, hanya saja foto dan tandatangan yang berbeda. CSO juga memberikan informasi bahwa ada perekaman foto dengan identitas saya di BCA Alam Sutera pada 14 Maret 2015, pukul 16.36 WIB,” kata Nadia.

Merasa aneh dan heran, Nadia meminta CSO untuk mencari arsip pembukaan rekening atas nama nasabah pada 2013. Tapi hasilnya nihil, dengan alasan pegawai bagian arsip tidak ada di tempat. Nadia pun tak mendapat informasi jelas pada hari itu.

Senin (9/7/2018), Nadia kembali mendatangi BCA Cabang Pamulang. Saat itu, CSO yang ditemui langsung melakukan konfirmasi by phone kepada BCA Alam Sutera. Salah seorang staf BCA atas nama Sari, menurut Nadia memberi info bahwa NIK baru bisa online setelah 2015 dan nasabah yang datang sesuai dengan KTP, NIK, tandatangan dan tahu PIN ATM bisa melakukan verifikasi data oleh pihak BCA.

“Info dari staf BCA, kemungkinan nasabah yang menggunakan data saya membawa KTP dan tahu PIN ATM saya. Lalu saya diminta Kartu Keluarga untuk membuktikan bahwa itu adalah atas nama saya,” kata Nadia seraya mengatakan bahwa pada 2015 silam ia sempat kehilangan dompet berisi KTP dan berkas lainnya.

Usai CSO Kissy dan staf Sari melakukan konfirmasi ke BCA Alam Sutera tapi belum mendapatkan titik temu, akhirnya CSO melakukan perekaman ulang atas data dan foto Nadia. Padahal sebelumnya mereka meminta KK untuk membuktikan data asli nasabah Nadia.

Nadia yang masih penasara, pada Selasa (10/11/2018) kembali mendatangi BCA KCP Pamulang dan berniat menemui Kepala Cabang BCA Pamulang. Namun tidak berhasil lantaran yang bersangkutan tidak ada.

Oleh satpam, Nadia dan rekannya diarahkan bertemu dengan Lutfi Saury selaku Kabag Pelayanan BCA Pamulang. Kepada Nadia, Lutfi mengaku baru tahu masalah tersebut. Ia pun langsung mengkroscek terkait data pembukaan rekening atas nama Nadia Lisa Rahman.

“Dari keterangan Pak Lutfi, ini mungkin saja terjadi karena salah inputan atau salah memasukan foto. Bisa saja terjadi human error,” Nadia menambahkan.

Nadia akhirnya memutuskan pulang, sembari menunggu langkah-langkah yang dilakukan BCA Cabang Pamulang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari perwakilan Bank BCA. (one)

Komentar Anda

comments