Melepas Penat di Atas Meja Biru

oleh
Bermain bola sodok alias biliar bisa menjadi olahraga yang menghibur dan menyenangkan. (bd)

Palapanews.com – Olahraga tak hanya selalu untuk meraih prestasi. Beberapa jenis olah raga bahkan bisa menjadi alternatif permainan yang sangat mengasyikan.

Biliar atau bola sodok adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima.

Namun, sah-sah saja bila Anda menjadikan olahraga biliar sebagai pilihan permainan untuk sekedar bersenang-senang, melepas penat dari rutinitas kerja atau kesibukan sehari-hari yang melelahkan dan menjemukan.

Saat stik menyodok bola lalu meluncur ke arah lubang di sudut meja berhasil masuk ada kepuasan tersendiri bagi si pemain. Senyum lepas dan perasaan plong serta hasrat untuk kembali memasukan bola bola lainnya.

Ada Zul dan Iik dari sekian penikmat permainan bola sodok sebagai olahraga hiburan yang menyenangkan. Bahkan, bermain bola sodok menjadi agenda wajib dua kali dalam seminggu. Dua sahabat ini, mengaku sudah sejak masa SMA menyukai permainan biliar.

“Kita mah ga berniat buat ikut-ikut kompetisi, hanya buat senang-senang doang. Pokoknya suka aja kalo udah main, apalagi kalo bisa memasukan bola,” ujar Iik.

Zul, bahkan rela menempuh perjalanan berkilo-kilo meter untuk sampai di arena permainan biliar, yang berlokasi di salah satu mal kawasan Kota Tangerang Selatan. Memang belum begitu banyak arena biliar, namun tidak begitu sulit menemukannya. Budget yang harus dikeluarkan pun tidak sampai menguras kantong.

Cabang olahraga biliar dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.

Sampai saat ini, biliar yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang mulai menggemari olahraga biliar. (bd)

Komentar Anda

comments