Rumbala Bangkitkan Gerakan Literasi di Tangsel

oleh
Aktivitas di Rumah Baca Alam Ciputat. Foto: Mat

Palapanews.com- Minimnya kesadaran literasi di Indonesia menjadikan sejumlah komunitas pemuda bergerak. Mereka seakan berlomba mendirikan komunitas baca untuk membangkitkan minat baca di masyarakat.

Seperti yang dilakukan Rumah Baca Alam (Rumbala). Berlokasi di Jalan Cimandiri RT 01/RW 08 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Rumbala secara konsisten mengajak anak-anak dan remaja untuk peduli literasi.

Rumbala menjadi wadah menstimulus anak dan remaja untuk gemar membaca. Rumah baca ini didirikan oleh putra-putri Cipayung dengan kepedulian yang tinggi terhadap literasi di lingkungannya.

Ada tiga jenis kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya, dengan diikuti sekira 60-an anak. Antara lain menggambar dan mewarnai, asah kreatifitas dengan origami serta membaca buku cerita bersama.

“Alhamdulillah, anak-anak dan remaja antusias dengan kegiatan yang diadakan. Target kami memang berupaya membudayakan kembali minat baca di masyarakat dan kita mulai sejak usia dini,” kata pengelola Rumbala, Iqbal Rafi.

Sayangnya, Rumbala tak bisa maksimal membantu pemerintah menggelorakan Gerakan Indonesia Membaca. Fasilitas dan bahan bacaan yang minim, menjadi kendala pengelol Rumbala untuk bisa lebih eksis.

“Kami belum ada papan tulis, buku dan alat tulis juga masih kurang. Serta buku cerita dan buku bacaan lain,” tandasnya.

Solusi sementara yang dijalankan, Rumbala menggadeng komunitas literasi lain yang peduli di kawasan Bekasi dan Depok. Terkadang, bertukar buku bacaan dilakukan untuk memperkaya bacaan bagi anak-anak.

“Tujuan kami hanya satu, yakni berupaya membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui membaca,” tandasnya. (mat)

Komentar Anda

comments