Pendaftar PPDB SMP di Tangsel Tak Perlu Datang ke Sekolah

oleh
Ilustrasi.
banner 300250

Palapanews.com- Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) Online SMP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diklaim bakal berbeda dibandingkan tahun lalu. Para pendaftar, tak perlu lagi datang ke sekolah untuk mendaftar.

“Ada perbedaan sistem. Jika di SMA, pendaftaran harus menyerahkan berkas namun tidak untuk SMP karena semua pendaftar cukup online. Kemudian tanda bukti pendaftar di print dan simpan. Ini menghidari agar tidak ada komunikasi pendaftar dengan pihak sekolah. Dengan tujuan, agar berjalan objektif,” kata Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono.

Hanya saja, syarat itu berlaku untuk para calon pendaftar yang berada di dalam zona saja. Jika, calon pendaftar yang berada di luar zona dan jalur prestasi harus menyerahkan berkas serta data diri ke Posko PPDB yang sudah disediakan.

“Kecuali luar zona dan jalur prestasi yang harus di verifikasi dan input data melalui posko data PPDB. Kami pum sudah siaapkan 7 posko masing-masing yang ada ditiap Kecamatan,” ujarnya.

Posko PPDB sendiri jelas mantan Sekdishubkominfo ini, mempunyai fungsi yang pertama untuk memverifikasi dan validasi pendaftar, kedua menginput data pendaftar secara manual, ketiga posko siaga mempunyai tugas layanan pengaduan yang sudah disiapkan contact person dan bisa akan standby selama 24 jam.

Nantinya penyerahan berkas untuk pendaftar yang berada di dalam zona akan dilaksanakan pada saat daftar ulang yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Dengan sistem seperti ini bisa mengurangi kecurangan. Karena, Dindikbud Tangsel memegang beberapa asas maupun aturan yang siap dijalankan pada PPDB online SMP 4 hingga Juli mendatang.

“Pertama objektif semua sesuai aturan, kedua transparan semua berjalan real time, jadi bisa dilihat oleh semua orang mengenai perkembangan PPDB, yang ketiga akuntabel kami siap mempertanggung jawab hasilnya dan yang keempat berkeadilan karena semua milik masyarakat,” jelasnya. (nad)

Komentar Anda

comments