Dinkes Kota Tangerang Gelar Ngabuburit Sehat di 108 Masjid

Palapanews.com- Ngabuburit atau menunggu waktu azan Maghrib saat bulan puasa akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan melakukan beragam kegiatan menarik dan bermanfaat. Bila biasanya masyarakat mengisi kegiatan ngabuburit dengan jalan-jalan atau belanja, kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mengajak masyarakat ngabuburit sambil olahraga.

“Tak perlu khawatir dehidrasi, justru olahraga tetap dianjurkan meski sedang berpuasa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspadewi, Selasa (22/5/2018).

Dijelaskannya, program yang diberi nama Ngabuburit Sehat (NGAjak BUka puasa Bareng penUh kebeRkahan dan hIdup Tetap SEHAT) diadakan di 108 masjid yang ada di Kota Tangerang.

“Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Dinas Kesehatan dan Puskesmas tetap menyapa dan menghampiri masyarakat Kota Tangerang di 108 musholla/masjid di pelosok Kota Tangerang melalui kegiatan Ngabuburit Sehat,” paparnya.

Masyarakat, menurut Liza -sapaan Liza Puspadewi- memiliki kecenderungan malas beraktifitas fisik dan olahraga ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Ia menyarankan olahraga tetap harus dilakukan saat puasa, hanya saja intensitasnya yang berkurang.

“Karena olahraga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa,” sambungnya.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini, Liza menerangkan, selain mensyiarkan puasa Ramadan sekaligus juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk bisa menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani.

“Misinya adalah mengedukasi masyarakat agar menjalankan puasa yang sehat. Dan tidak hanya jasmani yang kami perhatikan, kesehatan rohani pun tidak kami lupakan, dengan mewakafkan beberapa Al Quran dan mukena untuk digunakan masyarakat dalam beribadah,” tuturnya.

Adapun kegiatan Ngabuburit Sehat yang dimulai dari pukul 17.00 antara lain diisi dengan senam ringan bersama, pelayanan kesehatan, buka puasa sehat bersama, salat maghrib, Isya dan Taraweh berjamaah, serta pemberian wakaf (Al Qur’an dan Mukena). (adv)

Komentar Anda

comments