Wisata Pemandian Air Panas Sebagai Pilihan Liburan Sehat

oleh
Ilustrasi. Foto: Go Dok

Palapanews.com- Ketika akhir pekan tiba, beragam pilihan wisata untuk menghabiskan akhir pekan bisa kita pilih. Jika sudah mulai bosan mengunjungi kafe dan pusat perbelanjaan di pusat kota, mengapa tidak pergi sedikit ke pinggiran kota untuk menikmati panorama wisata alam di daerah Anda?

Jika mendaki gunung dirasa terlalu menguras tenaga dan waktu, cobalah untuk berkunjung ke wisata pemandian air panas alami! Sejumlah pilihan seperti Ciater-Subang, Cipanas-Garut, dan Guci-Tegal adalah beberapa destinasi wisata pemandian air panas yang berada di Pulau Jawa.

Tak sekadar refreshing, wisata pemandian air panas alami ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit kulit, lho! Selain itu, masih ada segudang khasiat lainnya yang berdampak baik bagi tubuh. Mau tahu apa lagi khasiat dari berendam air panas?

Mengurangi stress dan mengatasi insomnia

Cara ampuh mengatasi insomnia ternyata tidak harus selalu dengan mengonsumsi pil tidur, lho. ternyata, ada juga obat insomnia alami dengan cara berendam di air panas yang mengandung belerang atau sulfur!

Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Aquatic Research and Education, mengatakan bahwa kandungan mineral dalam sulfur dapat membantu suasana hati merasa senang dan tenang karena suhu panas dari air panas dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu, sejumlah peneliti mengatakan, ketika Anda berada di dalam air panas yang mengandung sulfur, suhu tubuh akan meningkat, kemudian mengalami proses cooling down ketika selesai berendam. Proses inilah yang kemudian membantu tubuh menjadi lebih rileks dan mudah tertidur!

Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika seseorang berenang atau berendam di air panas yang mengandung belerang atau sulfur, secara otomatis kulit Anda akan langsung menyerap berbagai mineral seperti kalsium dan sodium bikarbonat dari air tersebut.

Nah, kedua jenis mineral inilah yang dapat meningkatkan tekanan sirkulasi dan oksigen pada tubuh, yang efeknya sama seperti di saat sedang berolahraga.

Selain itu, kandungan air belerang juga dapat melancarkan sistem sirkulasi oksigen, yang tidak hanya bermanfaat menjaga fungsi hati, tetapi juga merawat organ vital dan jaringan tubuh agar tetap sehat dan kuat!

Mengatasi rasa sakit secara alami

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Rheumatology International mengatakan bahwa berendam atau berenang di dalam air belerang sangat baik untuk meredakan rasa sakit kronis pada otot-otot tubuh, seperti arthritis atau fibromyalgia.

Kok bisa? Rupanya air panas yang mengandung belerang atau sulfur, terbukti efektif membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada tubuh dengan merelaksasi bagian sendi-sendi pada tubuh.

Mengatasi Masalah Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berendam air panas belerang atau sulfur baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika kulit terkena air panas sulfur secara langsung, kandungan silica yang terdapat di dalamnya dapat menghaluskan kulit yang kering dan kasar.

Selain itu, pada dasarnya belerang mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat dibutuhkan untuk kulit dalam mengatasi beragam masalah kecantikan, seperti jerawat. Berendam air panas belerang juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan flek hitam yang sering datang sebagai tanda-tanda penuaan dini.

Bagi Anda yang memiliki masalah gatal-gatal karena alergi debu, gigitan nyamuk atau serangga, bisa juga mencoba berendam air panas alami untuk mengurangi intensitas gatalnya.

Nah itulah piihan liburan sehat yang bisa Anda coba dengan mengunjungi pemandian air panas belerang alami. Namun, bagi Anda yang sedang hamil, sedang menderita tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, sebaiknya jangan terlalu lama berendam karena dapat membuat tekanan darah berubah dengan sangat signifikan. Selamat berlibur! (red)

Komentar Anda

comments