Pengamen Ondel-ondel di Tangsel Bakal Dibina

oleh
Pengamen ondel-ondel. Foto: Ytimg
banner 300250

Palapanews.com- Pengamen ondel-ondel yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal dibina pemerintah daerah setempat. Ini sebagai upaya melestarikan seni dan budaya betawi, khususnya di Tangsel.

“Persoalan ini (pengamen ondel-ondel) masuk dalam pembahasan Raperda (Pelestarian Kebudayaan Betawi). Mereka harus dibina, diarahkan, diberdayakan. Jangan sampai berkeliaran di jalan, karena merusak citra betawi,” kata Anggota Pansus Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi Kota Tangsel, Undang Kasi Ujar.

Ondel-ondel, menurut dia punya sejarah panjang. Maka itu, ia menilai tak elok dan tak cocok jika kebudayaan betawi yang melegenda, ondel-ondel, ditampilkan di pinggir jalan. Ini seolah ondel-ondel bukan lagi khas budaya yang harus dilestarikan.

“Tidak bisa ondel-ondel ditampilkan asal-asalan di pinggir jalan. Makanya kami sikapi ini dengan serius, agar semua aspek kebudayaan Betawi itu diletakan di tempatnya bukan sembarangan seperti itu,” tandasnya.

Ketua Pansus Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi, Syihabuddin Hasyim mengatakan Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi Kota Tangsel masih tersisa beberapa hari pembahasan lagi. Diditargetkan pekan depan akan difinalisasi.

“Kami masih memiliki beberapa hari lagi sebelum masuk tahap finalisasi. Dan waktu itu akan kami manfaatkan dengan sangat serius agar semua aspek yang berkenaan dengan kebudayaan Betawi masuk dalam Raperda ini,” tandasnya. (jok)

Komentar Anda

comments